Mengapa Anjing Suka Menjilati Wajah Manusia?

Barangkali Anda pernah bertanya-tanya, mengapa anjing terkadang menjilati wajah manusia? Tentu ada beberapa alasan sekaligus miskonsepsi mengenai hal ini. Berikut beberapa alasan mengapa anjing berperilaku demikian.

Jilatan Anjing di Wajah

Biologis

Bila kebanyakan manusia mengandalkan indera penglihatan untuk memahami dan berinteraksi dengan dunia, anjing mengandalkan indra penciuman mereka. Jutaan reseptor penciuman yang terletak di hidung dan bagian depan mulutnya membantu anjing untuk membaca situasi. Ketika anjing menjilati wajah Anda, ia sebenarnya mencoba menggali informasi tentang Anda dari feromon yang diekskresikan oleh kelenjar keringat di kulit Anda.

Naluri

Anak anjing yang masih sangat kecil tidak dapat mencerna daging mentah; oleh karena itu, di alam liar, sang induklah yang mencerna daging untuk anak-anaknya dan kemudian memuntahkan makanan yang sudah dicerna untuk dimakan anaknya. Anak anjing secara naluriah menjilati mulut induk mereka untuk mendorong regurgitasi. Anjing secara naluriah mungkin menjilat mulut Anda ketika lapar, berharap Anda akan memberinya makanan.

Perilaku belajar

Anak anjing belajar untuk menjilat ketika mereka masih sangat kecil. Induk anjing mulai menjilati anak mereka saat lahir untuk membantu mereka bernapas dan untuk membersihkan diri setelah persalinan. Sang induk juga akan menjilati anak-anaknya untuk membersihkan mereka dari setiap kotoran atau urin yang mereka keluarkan. Jilatan sang induk juga membantu menguatkan ikatan batin antara mereka. Demikian pula, anjing akan menjilati wajah Anda agar dirinya tetap bersih atau memperkuat ikatan dengan Anda.

Penyerahan diri

Menjilat juga merupakan tanda penyerahan diri. Di alam liar, ada seekor anjing yang dominan dalam kelompoknya. Anjing yang dominan itu, atau anjing alpha, mengharapkan anggota lain dalam kelompoknya untuk menunjukkan penyerahan diri dengan cara menjilati wajahnya. Anjing itu kemungkinan besar memandang Anda sebagai pemimpinnya dan menjilati wajah Anda untuk mengkonfirmasi dominasi Anda.

Kasih sayang

Jika Anda menghargai anjing Anda ketika ia menjilati wajah Anda, anjing itu akan belajar untuk mengulangi perilaku tersebut ketika ia sedang menginginkan perhatian Anda. Untuk mencegah perilaku demikian, cobalah abaikan setiap kali ia mulai menjilati, atau berikan mainan padanya untuk dijilati.

Kesalahpahaman

Ada kesalahpahaman yang sangat konyol mengenai jilatan anjing. Yang harus dipahami, seekor anjing tidak sedang birahi atau mengajak Anda ‘bercinta’ dengannya ketika ia menjilati wajah Anda. Ciuman anjing bertujuan untuk menunjukkan kasih sayang, penyerahan diri, atau rasa ingin tahu, dan tidak ada hubungannya dengan perilaku seksual.

Komentar Anda