Mengapa Anjing Suka Menggigit? Ini Alasannya

Ini adalah pertanyaan yang sederhana namun belum tentu kita pahami sepenuhnya. Yang harus diketahui, kebanyakan anjing bahkan tidak pernah menggigit manusia. Tapi kadang-kadang hewan peliharaan dapat menggigit dalam situasi tertentu. Jika Anda tahu apa yang mungkin menjadi pemicu anjing untuk menggigit dan dapat menghindari situasi itu, Anda akan terhindar dari gigitan anjing yang tak perlu.

Foto anjing menggigit

Perlindungan

Di masa lalu, anjing dibiakkan untuk perlindungan. Mereka menjaga dan melindungi harta benda, rumah, makanan, dan wilayah. Jika anjing berpikir Anda melanggar batas atau mengancam untuk mengambil sesuatu darinya, ia mungkin akan menggigit Anda untuk mencegah tindakan tersebut. Ingatlah selalu untuk tidak mengganggu anjing yang sedang bersama anaknya, karena mungkin saja ia menganggap Anda sebagai ancaman besar bagi anak-anaknya.

Bermain

Beberapa anjing menjadi terlalu girang saat bermain kasar dan akhirnya menggigit. Siapapun yang berinteraksi dengan anjing Anda harus diberitahu untuk tidak menggoda, berteriak, atau berlaku kasar secara berlebihan.

Takut

Salah satu alasan paling umum yang membuat anjing menggigit adalah karena mereka takut, bukan karena mereka agresif. Menggigit karena takut lebih tak terduga karena Anda mungkin tidak tahu bahwa anjing itu sedang ketakutan sampai ia bereaksi demikian. (Baca juga: Mengatasi Perilaku Anjing Yang Penakut)

Penyakit

Anjing sakit, terluka, atau tua bisa jadi lebih mudah marah atau takut daripada anjing yang sehat. Kondisi ini dapat menyebabkan mereka untuk menggigit secara tiba-tiba, terutama jika tidak ada riwayat atau catatan serangan gigitan dalam hidupnya.

Sosialisasi

Saat masih berupa anak anjing, anjing harus diajak bersosialisasi dengan manusia dan hewan lainnya. Anjing yang jarang diajak bersosialisasi akan lebih penakut terhadap hal-hal baru. Mereka juga mungkin akan lebih agresif daripada anjing yang diajak bersosialisasi dengan baik.

Komentar Anda