Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 11 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 11 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1994: Misi pesawat ruang angkasa AS, Magellan, yang telah berada di orbit sekitar Venus sejak tahun 1990 dan telah memetakan 98% permukaan planet, berakhir ketika pesawat ruang angkasa itu menabrak planet Venus.

1922: Krisis Chanak, di mana Inggris dan Turki nyaris berperang ketika Turki membangkang persyaratan pemukiman pasca-Perang Dunia I dalam Perjanjian Sèvres (1920), berakhir dengan kesepakatan yang dinegosiasikan dengan Turki oleh komandan Inggris di Istanbul; perjanjian itu menjadi dasar Perjanjian Lausanne, yang menggantikan pemukiman Sèvres pada tahun 1923.

1986: Pertemuan puncak dua hari antara presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev dimulai di Reykjavík, Islandia.

1968: Apollo 7, penerbangan program Apollo berawak pertama, diluncurkan dari Kennedy Space Center, dengan Kapten Angkatan Laut Walter M. Schirra, Jr, Mayor Angkatan Udara Donn F. Eisele, dan Walter Cunningham, pilot uji coba sipil, diluncurkan.

1779: Komandan kavaleri Polandia Kazimierz Pulaski, yang telah mengorganisir unit kavaleri Amerika pertama selama Revolusi Amerika, tewas akibat luka-luka dalam pertempuran kavaleri dekat Savannah, Georgia; hari ini diperingati sebagai Hari Pulaski oleh orang Polandia dan Amerika.

1737: Gempa bumi di Calcutta, India, terjadi dan menewaskan 300.000 orang.

1649: Dalam perjalanan penaklukan Irlandia, tentara Inggris pimpinan Oliver Cromwell menguasai pelabuhan Wexford, di mana ia membantai royalis pembela kota dan 1.500 warga sipil.

Komentar Anda