Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 10 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2002: Kongres AS memutuskan untuk mengijinkan Presiden George W. Bush menggunakan kekuatan militer terhadap Irak; lima bulan kemudian, Amerika Serikat meluncurkan Perang Irak.

1980: Gempa bumi di Aljazair, dengan kekuatan 7,5, menewaskan 20.000 orang.

1970: Negara kepulauan Pasifik Selatan, Fiji, mendapat kemerdekaan dari Inggris sebagai anggota Commonwealth of Nations.

1963: Ilmuwan Amerika, Linus Pauling, yang telah memenangkan Hadiah Nobel 1954 di bidang kimia atas kontribusinya yang luas pada kimia struktural dan biologi molekuler, dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian 1962 (terlambat satu tahun) karena aktivitas politiknya yang menentang senjata nuklir.

1911: Revolusi Cina yang menyebabkan penggulingan dinasti Qing dan pembentukan republik Cina dimulai di Wuchang, China tengah.

732: Dalam pertempuran terkenal terjadi antara Poitier dan Tour di wilayah bersejarah Perancis, Poitou, penguasa kaum Frank Charles Martel menghalau serangan Arab utara dari Spanyol dan mengakhiri ekspansi Muslim ke Eropa Barat.

680 (10 Muharram 61 H): Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad, yang pengikut Syiahnya kalah jumlah, dibantai dalam Pertempuran Karbala oleh pasukan yang setia kepada Yazid bin Muawiyah I, pendiri dinasti Umayyah; Husein dianggap sebagai mati syahid oleh Muslim Syiah, dan peristiwa ini diperingati setiap tahun dalam festival Asyura.

Komentar Anda