Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 9 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 9 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2006: Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklir pertamanya, menjadi negara kedelapan yang melakukannya; uji coba bawah tanah negara Komunis ini dikutuk secara luas.

2004: Pemilihan presiden diselenggarakan di bawah konstitusi baru Afghanistan; Hamid Karzai, yang menghadapi 17 penantang, dinyatakan sebagai pemenang, dengan perolehan 55.4% suara, pada 3 November.

1967: Pemimpin revolusioner Kuba, Che Guevara, yang ditangkap saat pelatihan gerilyawan di Bolivia, dieksekusi oleh pasukan Bolivia.

1963: Vaiont Dam, salah satu bendungan tertinggi di dunia, terletak di Alpen Italia, tertimpa longsoran batu, menyebabkan bencana bendungan terburuk sejak banjir Johnstown tahun 1889; sekitar 3.000 nyawa melayang.

1962: Negara Afrika Timur Uganda menerima kemerdekaan resmi dari Inggris di bawah konstitusi federal kompleks yang mengakui empat kerajaan, sepuluh distrik biasa, dan satu distrik “khusus”.

1950: Selama Perang Korea, pasukan PBB mulai bergerak melintasi paralel ke-38 ke Korea Utara.

1915: Selama Perang Dunia I, raja Yunani pro-Jerman, Constantine I, memberhentikan perdana menterinya yang pro-Sekutu, Eleuthérios Venizelos, dan mengumumkan bahwa Yunani akan tetap netral; pada hari yang sama, pasukan kecil Perancis-Inggris mendarat di Salonika, yang menjadi basis operasi Sekutu yang sering tidak efektif di Balkan.

1914: Selama Perang Dunia I, kota benteng Belgia, Antwerpen, jatuh ke tangan Jerman.

Komentar Anda