Sejarah Singkat Musik Blues dan Tokoh Pentingnya

Musik blues diselimuti selubung legenda dan tradisi. Diakui sebagai satu-satunya bentuk musik yang berasal dari Amerika Serikat, sejarah blues dapat ditelusuri kembali hingga tahun 1860-an dari mulut ke mulut. Istilah “blues” pertama kali digunakan oleh Washington Irving di tahun 1807. Musik Blues telah menjadi bagian integral dari budaya Amerika yang masih jelas pengaruhnya dalam musik saat ini.

Sejarah Musik Blues

Asal usul musik blues

Asal usul musik blues ada di Amerika Serikat. Musik ini pada dasarnya adalah campuran dari musik Afrika dan Eropa yang dikembangkan di Amerika Serikat selatan oleh budak. Dimulai sebagai “call and response”, bentuk musik yang dinyanyikan oleh para budak saat bekerja di sawah, blues berkembang menjadi suatu bentuk di mana “call” adalah gitar dan “response” adalah penyanyi. Secara tradisional, musik blues dimainkan dalam 4/4 tempo yang terdiri atas 12 bar, dengan lirik yang diambil dari kehidupan sehari-hari.

Bapak musik blues

Foto W.C. Handy

W.C. Handy lahir pada tahun 1873 di Alabama. Lagunya, “Memphis Blues,” adalah lagu blues yang pertama dirilis secara komersial di tahun 1912. Dia kemudian melanjutkan untuk merilis sejumlah komposisi musik blues di tahun-tahun berikutnya. Dia dikenang karena mengorganisir pertunjukan blues pertama di Carnegie Hall di tahun 1928. Peran Handy dalam membawa blues kepada masyarakat membuatnya mendapatkan gelar sebagai “Bapak Blues”.

Jenis musik blues

Ada empat jenis utama dari gaya musik blues. Delta Blues dimulai di daerah delta Mississippi dan merupakan gaya asli blues. Chicago Blues memperkenalkan instrumen listrik untuk suara blues, serta mikrofon untuk vokal dan amplifier. Texas Blues hampir identik dengan Chicago Blues dalam hal instrumen tetapi memiliki sentuhan Texas yang tidak ditemukan di Chicago. Blues Rock adalah gaya termuda, yang dimulai pada tahun 1960-an dan dipengaruhi oleh Delta dan Chicago Blues. Seniman gaya ini antara lain Rolling Stones, The Doors, dan Creedence Clearwater Revival.

Chess Record

Pada tahun 1950, Aristocrat Record menjadi Chess Records. Dimiliki oleh Leonard dan Phil Chess bersaudara, studio ini terletak di Chicago, Illinois. Jumlah musisi besar blues yang dikontrak Chess Records cukup mengejutkan. Nama-nama besar itu antara Muddy Waters, Chuck Berry, Willie Dixon (juga sebagai produser), Howlin’ Wolf, Buddy Guy, Etta James, dan banyak lagi. Chess Record terus berlanjut sampai tahun 1960-an, tapi dijual pada tahun 1969.

Ibu musik blues

Foto Gertrude Pridgett

Gertrude Pridgett lahir pada tahun 1886. Keluarganya kerap tampil dalam dalam acara panggung hiburan minstrel show, dan pada tahun 1900, dia melakukan penampilan pertamanya di panggung. Ketika Pridgett menikah pada tahun 1902, dia berganti nama menjadi Ma Rainey. Dia dan suaminya terus tampil di berbagai minstrel show di seluruh Amerika Serikat bagian Selatan. Penampilan mereka biasanya meliputi beberapa nomor blues. Pada tahun 1923, Ma Rainey menandatangani kontrak dengan Paramount Records dan merekam 100 lagu antara 1923 dan 1928. Ma Rainey disebut sebagai Ibu musik blues.

Musisi misterius, Robert Johnson

Robert Johnson

Tidak ada musisi blues yang lebih misterius ketimbang Robert Johnson. Ia lahir pada tahun 1911 di Mississippi. Ketika pertama kali bermain gitar untuk Son House and Willie Brown, mereka mengatakan kepadanya bahwa ia harus tetap bermain harmonika. Johnson kembali beberapa waktu kemudian (1930) dan bermain gitar untuk mereka lagi. Ia sukses mengejutkan mereka dengan memamerkan keterampilannya yang lebih hebat dari mereka. Saat itulah beredar rumor bahwa Johnson telah menjual jiwanya kepada setan.

Komentar Anda