Fakta-fakta Kultural Negara Meksiko

Meskipun nampak ‘dikerdilkan’ oleh para tetangganya di utara, Meksiko merupakan salah satu negara besar di dunia, dengan luas, populasi, dan GDP berperingkat di atas 20 secara global. Bahasa, masakan, dan musik Meksiko lebih bervariasi daripada yang dibayangkan kebanyakan orang luar, dan negara ini memegang tempat khusus dalam warisan budaya dunia.

Kultur Meksiko

Keanekaragaman bahasa

Meksiko adalah rumah bagi penduduk berbahasa Spanyol terbesar di dunia, meski bahasa Spanyol hanyalah satu dari banyak bahasa yang digunakan di negara ini. Puluhan bahasa pribumi masih digunakan di Meksiko sampai sekarang, yang terbesar adalah bahasa Nahuatl -sebelumnya merupakan bahasa suku Aztec– yang dituturkan oleh lebih dari 1,7 juta orang. Bahasa Maya juga memiliki penutur lebih dari 1,5 juta, dan jutaan orang lainnya berbicara dalam berbagai bahasa pribumi lainnya seperti Mixtec dan Zapotec. Meksiko juga memiliki bahasa isyarat sendiri, tidak terkait dengan bahasa Spanyol dan sangat berbeda dari bahasa isyarat Amerika dan bahasa isyarat yang digunakan di Spanyol.

Beragam gaya musik

Musik Meksiko disatukan dalam tangga lagu internasional sebagai musik “Latin,” namun pada kenyataannya Meksiko memiliki keragaman genre musik tersendiri. Di samping genre internasional seperti pop, rock, dan hip-hop, negara ini adalah rumah bagi beragam gaya musik daerah dan tradisional. Mariachi adalah salah satu genre musik Meksiko yang paling terkenal di luar negeri, sementara ada juga gaya tradisional seperti Norteño dan “Banda”, sebuah istilah yang mencakup berbagai jenis lagu, seperti ranchera, corrido, dan bolero.

Kaya akan tradisi makanan

Kebanyakan orang Amerika tahu bahwa Meksiko memiliki masakan yang unik dan bercita rasa tinggi, tapi mereka mungkin tidak menyadari bahwa “Makanan Meksiko” di AS hanyalah segelintir contoh dari berbagai jenis kuliner di Meksiko. Burrito secara khusus hanya ditemukan di bagian utara Meksiko, di mana orang Spanyol memperkenalkan gandum sebagai makanan pokok; di selatan, jagung dominan. Negara bagian Oaxaca dikenal sebagai tempatnya saus mole berbasis cokelat dan keanekaragaman makanan lainnya. Beberapa negara bagian pantai seperti Chiapas juga menggunakan banyak seafood dalam masakan regional mereka.

Kontribusi historis pada perfilman

Saat ini hanya beberapa film besar yang diproduksi setiap tahun di Meksiko, tetapi dari tahun 1930-an hingga 1950-an, dunia perfilman Meksiko memasuki zaman keemasannya dan mampu menyaingi Hollywood. Industri film Meksiko dalam periode itu adalah salah satu yang paling serbaguna, maju, dan luas di dunia, menarik penonton di seluruh Amerika Latin dan kadang-kadang bahkan Amerika Serikat. Meskipun dunia sekarang telah melupakan sebagian besar karya klasik Meksiko, sebagian orang berpikir bahwa dunia perfilman Meksiko mulai mengalami kebangkitan di abad ke-21.

Komentar Anda