Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 7 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 7 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2001: Pasukan AS dan Inggris melancarkan serangan militer terhadap sasaran-sasaran di Afghanistan, di mana pemerintah Taliban menolak tuntutan untuk menyerahkan Osama bin Laden; Pemerintah AS telah menyimpulkan bahwa bin Laden dan jaringan teroris Al-Qaeda-nya bertanggung jawab atas serangan terhadap Amerika Serikat pada 11 September 2001, dan karena itu dimulailah Perang Afghanistan.

2000: Vojislav Kostunica dilantik sebagai presiden Yugoslavia, menandai akhir dari era Milosevic.

1950: Selama Perang Korea, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang menyerukan penyatuan semenanjung Korea dan memberi wewenang pada Jenderal Douglas MacArthur untuk mengirim pasukannya ke Korea Utara.

1949: Republik Demokratik Jerman didirikan di Jerman Timur yang didominasi Soviet.

1946: Jepang mengadopsi konstitusi baru yang menciptakan sebuah monarki konstitusional dan sistem pemerintahan parlementer; konstitusi itu mulai berlaku pada 3 Mei 1947.

1780: Selama Revolusi Amerika, pasukan Amerika yang dipimpin oleh John Sevier dan Isaac Shelby mengalahkan Inggris dalam Pertempuran singkat namun penting di Kings Mountain, South Carolina; kemenangan itu berbalik menjadi gelombang perang di Selatan.

1769: Navigator Inggris Kapten James Cook mendarat di Selandia Baru; ia menghabiskan beberapa bulan ke depan memutari dan mengamati Pulau Utara dan Pulau Selatan untuk membuktikan bahwa mereka adalah pulau, bukan benua.

1571: Dalam Pertempuran angkatan laut Lepanto di lepas pantai Yunani, negara-negara Kristen Eropa Barat meraih kemenangan besar pertama mereka atas Turki Ottoman; Komandan Kristen saat itu adalah Don John dari Austria.

Komentar Anda