Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 6 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 6 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2005: Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan perintah pertamanya terhadap lima pemimpin Pasukan Perlawanan Tuhan Uganda, sebuah kelompok pemberontak yang dituduh menculik dan memperbudak anak-anak, di samping berbagai kekejaman lainnya.

1987: Sitiveni Rabuka, perwira tentara yang telah merebut kekuasaan di Fiji pada bulan September (untuk kedua kalinya tahun itu), menyatakan negara itu republik; tindakan ini, yang menggulingkan raja Inggris sebagai kepala negara, mengakibatkan skorsing Fiji dari Commonwealth of Nations.

1981: Anwar al-Sadat, presiden Mesir yang telah menandatangani perjanjian perdamaian bersejarah dengan Israel pada tahun 1979, dibunuh saat parade militer oleh kelompok bersenjata yang terkait dengan kelompok fundamentalis Islam militan.

1973: Perang Arab-Israel tahun ini dimulai ketika pasukan Mesir melintasi Terusan Suez ke Sinai dan pasukan Suriah memasuki Golan Heights; Israel kewalahan karena serangan datang di Yom Kippur.

1927: The Jazz Singer, film komersial pertama yang menggantikan title card dengan dialog yang diucapkan dan yang pertama mengintegrasikan musik ke dalam narasi, tayang perdana di New York City; vitalitas bintangnya, Al Jolson, melampaui teknologi mentah itu dan mengubah The Jazz Singer menjadi penghasil uang mencengangkan yang oleh setiap studio dikonversi menjadi sound dalam waktu dua tahun.

1918: Saat garis pertahanan Jerman runtuh, kanselir Jerman, Pangeran Max dari Baden, mengirim pesan ke Presiden AS Woodrow Wilson meminta gencatan senjata dalam Perang Dunia I berdasarkan statemen Wilson, “Fourteen Points”.

Komentar Anda