Mengenal Seluk Beluk Jam Matahari

Kehidupan sehari-hari kita berjalan berdasarkan waktu dan jadwal. Orang-orang bisa dengan mudah melihat jam tangan atau jam dinding untuk mengetahui waktu. Tapi dulu, mengetahui waktu tidak semudah sekarang. Bayangan memainkan peran besar dalam mengetahui waktu, berdasarkan bagaimana bayangan tercermin di bumi. Jam matahari merupakan bagian penting dari sejarah perwaktuan.

Foto jam matahari

Gnomon

Gnomon adalah penunjuk pada jam matahari yang menciptakan bayangan. Gnomon adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani kuno dan berarti “indikator.” Gnomon dapat bervariasi ukuran dan gayanya, tergantung pada jam mataharinya. Ketika jam matahari pertama kali dibuat, gnomon berdiri secara vertikal sehingga orang bisa mengamati ketinggian matahari.

Sejarah

Orang pertama kali belajar tentang waktu dengan melihat matahari terbit dan terbenam. Dari pengetahuan ini, mereka mengembangkan cara mengetahui waktu berdasarkan cara matahari terbit dan terbenam. Mereka melihat bahwa benda akan membentuk bayangan unik berdasarkan lokasi matahari berada. Mereka bisa merencanakan hari-hari mereka berdasarkan bayang-bayang itu. Jam matahari berubah dan berevolusi sepanjang sejarah. Awalnya sebagai benda besar, jam matahari kemudian dirampingkan sehingga bisa dibawa berkeliling.

Jenis

Ada dua jenis utama jam matahari. Yang pertama adalah jam ketinggian atau altitude. Jam ketinggian membantu orang menentukan ketinggian matahari di atas cakrawala. Jenis jam ini sulit digunakan karena harus ditempatkan benar-benar sejajar dengan matahari. Jenis lain adalah jam matahari azimuth. Jenis jam ini membantu orang menentukan waktu dengan sudut matahari pada busur. Jam ini juga perlu diorientasikan dengan benar; Namun, mereka biasanya memiliki magnet di dalam untuk mengatasi masalah itu.

Bagaimana jam matahari bekerja?

Jam matahari bekerja ketika matahari membentuk bayangan di gnomon jam matahari itu. Ketika matahari berada pada titik tertinggi hari itu, atau siang hari, bayangannya adalah yang terpendek. Ketika matahari lebih rendah, di sore hari, bayangan adalah yang terpanjang. Penting untuk diingat bahwa tinggi matahari juga dipengaruhi oleh musim. Jam matahari biasanya memiliki tanda jam siang hari, dan ada beberapa yang memiliki tanda 24 jam.

Komentar Anda