8 Hal Dasar Tentang Fotosintesis

Bagi kebanyakan orang, tanaman adalah organisme yang paling jelas melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis adalah sumber utama energi yang menghidupkan kita, oksigen yang kita hirup, dan molekul organik yang membentuk tubuh kita.

Ilustrasi Proses Fotosintesis
klik untuk memperbesar gambar

Fotosintesis merupakan hal terpenting bagi ekosistem familiar seperti hutan tropis, padang rumput, dan terumbu karang. Bahkan, masing-masing istilah menempatkan penekanan pada organisme fotosintetik yang membentuk dasar bagi ekosistem masing-masing, seperti pohon, rumput dan karang.

1. Fotosintesis menyediakan karbon dan energi yang diperlukan bagi banyak ekosistem untuk bertahan hidup. Energi dan karbon ini ditransmisikan ke seluruh ekosistem saat organisme fotosintesis dikonsumsi atau diurai oleh organisme lain.

2. Fotosintesis hanya menyediakan makanan. Organisme fotosintesis seperti tanaman mengubah makanan menjadi energi melalui respirasi sel, seperti yang dilakukan hewan. Banyak tanaman menghentikan fotosintesis selama musim dingin dan bertahan dari cadangan makanan yang diproduksi selama musim semi dan musim panas.

3. Molekul-molekul gula yang dihasilkan oleh fotosintesis juga merupakan blok bangunan bagi molekul organik lain dalam organisme hidup, termasuk protein, lipid, dan asam amino.

4. Fotosintesis hanya terjadi pada tanaman dan bakteri bersel tunggal tertentu serta protista. Organisme ini, bersama dengan bakteri chemosynthetic, dianggap sebagai produsen primer dan memberikan makanan langsung atau tidak langsung bagi semua organisme lain.

5. Protista dan tanaman melakukan fotosintesis pada organel sel khusus yang disebut kloroplas. Bakteri fotosintetik yang kekurangan struktur khusus ini melakukan fotosintesis pada membran selnya.

6. Fotosintesis menghasilkan molekul gula dan melepaskan oksigen dari air, karbon dioksida, dan energi cahaya. Persamaan keseluruhan untuk fotosintesis adalah enam molekul karbon dioksida ditambah enam molekul air ditambah cahaya menghasilkan satu molekul glukosa ditambah enam molekul oksigen (6 CO2 + 6 H2O + cahaya –> C6H12O6 + 6 O2).

7. Klorofil adalah pigmen utama fotosintesis. Klorofil adalah pigmen yang memberikan energi elektron menggunakan panjang gelombang cahaya tertentu. Pigmen lain dalam tanaman membantu klorofil dan meliputi xanthophyll dan karotenoid.

8. Klorofil memecah molekul air untuk mengisi elektron yang hilang di awal fotosintesis. Atom-atom oksigen dari molekul air membentuk molekul gas oksigen.

Komentar Anda