Tokoh Besar Dunia yang Lahir pada 5 Oktober

Kelahiran 5 Oktober – Berikut adalah nama-nama tokoh besar dunia yang lahir pada tanggal 5 Oktober:

Foto Denis Diderot
Denis Diderot

1703: Jonathan Edwards, salah satu pemikir keagamaan paling signifikan dalam sejarah Amerika, yang memadukan keyakinannya dalam sifat mistis Tuhan dengan ide-ide filosofis kontemporer.

1713: Denis Diderot, filsuf dan penulis Perancis, paling dikenal sebagai editor Encyclopédie, suatu usaha yang memakan waktu selama seperempat abad, juga sebagai penulis fiksi dan kritik yang luar biasa.

1781: Bernhard Bolzano, filsuf dan matematika Ceko yang memberikan kontribusi signifikan baik untuk matematika maupun teori pengetahuan.

1864: Louis Lumière, penemu Perancis yang mengembangkan Cinematographe (1895), satu mesin yang berfungsi baik sebagai kamera maupun proyektor; ia dan saudaranya, Auguste, juga membuat dan memamerkan film pendek.

1879: Francis Peyton Rous, dokter Amerika yang menerima Nobel 1966 atas penelitiannya tentang penyebab kanker.

1882: Robert Goddard, fisikawan Amerika yang meletakkan dasar-dasar teknologi roket dan astronotika modern.

1887: René Cassin, ahli hukum Perancis, kekuatan pendorong di belakang Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang diadopsi oleh PBB pada tahun 1948; Cassin memenangkan Nobel Perdamaian 1968.

1902: Ray Kroc, pengusaha Amerika asal Ceko yang bergabung dengan McDonald pada tahun 1954 dan membangunnya menjadi rantai hamburger terbesar di dunia.

1921: Mahlon Hoagland, ahli biokimia Amerika yang turut berperan dalam menemukan molekul yang sekarang dikenal sebagai transfer RNA.

Komentar Anda