Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 5 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 5 Oktober:

Kilas Balik Oktober

2000: Di Yugoslavia, di mana protes besar meningkat terhadap Slobodan Milosevic sejak kekalahannya yang nyata dalam pemilihan presiden September, demonstran merampas dan membakar gedung-gedung pemerintah di Beograd saat polisi berjaga; Milosevic melarikan diri dari ibukota, dan Vojislav Kostunica dilantik sebagai presiden dua hari kemudian.

1988: Sebuah konstitusi baru diundangkan di Brasil, melahirkan pemilihan presiden dan legislatif bikameral secara langsung.

1970: Krisis Oktober di Kanada dimulai ketika kelompok teroris Perancis-Kanada, Front de Libération du Québec, menculik diplomat Inggris, James Cross.

1962: The Beatles merilis hit single pertama mereka, “Love Me Do”; di tahun 1963 mereka telah menjadi band rock papan atas Inggris, dan “Beatlemania” menyeberangi Atlantik pada tahun 1964.

1813: Selama Perang 1812, tentara Amerika yang dipimpin oleh Jenderal William Henry Harrison mengalahkan pasukan Inggris dan Indian yang melarikan diri dari Detroit pada Pertempuran Sungai Thames di Ontario; kepala suku Shawnee Tecumseh tewas dalam pertempuran itu.

1795: Selama Revolusi Perancis, pemberontakan reaksioner pecah di Paris memprotes konstitusi baru yang diadopsi oleh Konvensi Nasional; Napoleon Bonaparte diperintahkan untuk meredam pemberontakan 13 Vendémiaire ini.

1789: Selama Revolusi Prancis, massa Paris berbaris di Versailles dan memaksa Raja Louis XVI untuk menerima Deklarasi Hak dan prinsip-prinsip konstitusional lainnya yang dinyatakan oleh Majelis Nasional; raja dan keluarganya, yang harus dilindungi oleh penjaga nasional revolusioner di bawah Marquis de Lafayette, juga dipaksa untuk pindah ke Paris.

Komentar Anda