Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 4 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 4 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1993: Presiden Rusia, Boris Yeltsin, yang ditentang dan berusaha dimakzulkan oleh para lawannya di parlemen Rusia karena membubarkan institusi itu, memerintahkan unit tentara untuk menyerbu gedung parlemen dan menangkap para pemimpin oposisi, termasuk Wakil Presiden Aleksandr Rutskoy.

1992: Sebuah gencatan senjata di Mozambik mengakhiri perang saudara yang panjang di negara itu.

1982: Ahmad Hassan al-Bakr, presiden Irak yang digantikan Saddam Hussein pada tahun 1979, meninggal secara misterius saat berada dalam tahanan rumah di Irak.

1966: Bekas koloni Inggris, Basutoland, mencapai kemerdekaan sebagai Lesotho.

1957: Zaman Ruang Angkasa dimulai dengan peluncuran Sputnik 1, satelit buatan pertama di dunia, dari Kosmodrom Baikonur di Uni Soviet.

1930: Pesawat Inggris R-101, yang dibangun untuk melayani penerbangan komersial ke Australia dan India, jatuh dan terbakar di Perancis, menewaskan 6 dari 54 orang di atas pesawat; bencana ini mengakhiri ketertarikan Inggris pada rigid airship.

1918: Pada tahap akhir Perang Dunia I, Angkatan Darat AS pertama memperbarui serangan mereka terhadap garis Jerman dan mulai bertempur perlahan-lahan melalui Argonne Forest, memukul mundur Jerman sambil membantu tentara Keempat Perancis untuk maju.

1582: Paus Gregorius XIII memperkenalkan apa yang sekarang disebut kalender Gregorian untuk memperbaiki distorsi yang telah berkembang dari waktu ke waktu dengan kalender sebelumnya, kalender Julian.

Komentar Anda