Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 2 Oktober

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 2 Oktober:

Kilas Balik Oktober

1987: Pierre Buyoya, perwira tentara Tutsi, menjadi presiden negara Afrika, Burundi, untuk pertama kalinya, setelah memimpin kudeta militer.

1980: Petinju Larry Holmes menganvaskan Muhammad Ali dalam upaya terakhir untuk memenangkan gelar keempat tinju dunia kelas berat.

1958: Di bawah kepemimpinan Sekou Toure, Guinea mendapat kemerdekaan penuh dalam referendum; itu adalah satu-satunya koloni Afrika Barat Prancis yang menolak pilihan untuk terus berhubungan dengan Perancis di Komunitas Perancis.

1944: Selama Perang Dunia II, pemberontakan Warsawa, yang bertujuan untuk membebaskan ibukota Polandia dari pendudukan Jerman sebelum Soviet melakukannya, runtuh di bawah kekuatan represi Jerman; pembalasan Jerman yang mengerikan terjadi kemudian, sedangkan Tentara Merah Soviet tetap aktif di luar gerbang kota sampai Januari 1945.

1763: Proklamasi 1763 diumumkan secara resmi oleh Raja George III, menjadikan wilayah barat Pegunungan Appalachian sebagai reservasi India dan melarang pemukim kulit putih pindah ke sana atau membeli tanah India; orang kulit putih yang sudah menetap di sana diperintahkan untuk pergi.

1187: Pemimpin Muslim yang besar, Saladin, merebut kembali kota Yerusalem dari Tentara Salib; meskipun Perang Salib Ketiga, yang diluncurkan pada 1188, berhasil membangun kembali apa yang disebut Kerajaan Latin Yerusalem, Tentara Salib tidak pernah memulihkan Yerusalem itu sendiri.

Komentar Anda