Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 29 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 29 September:

Kilas Balik September

1996: Radio Free Asia, siaran yang dibiayai pemerintah AS dan didirikan awal tahun itu, melakukan siaran pertamanya dalam bahasa Mandarin ke Cina.

1988: Peluncuran Discovery pada misi Shuttle ke-26 menandai dimulainya kembali penerbangan Space Shuttle setelah bencana Challenger pada tahun 1986.

1941: Pasukan Nazi membantai lebih dari 33.000 orang Yahudi -pria, wanita, dan anak-anak- di Babi Yar, jurang dekat Kiev, Ukraina.

1939: Selama Perang Dunia II, Jerman dan Soviet membagi Polandia di antara mereka.

1938: Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain dan perdana menteri Prancis Édouard Daladier bertemu dengan Adolf Hitler dan Benito Mussolini pada Konferensi Munich dan memenuhi tuntutan Hitler untuk pendudukan langsung Jerman pada Sudetenland yang didominasi penduduk berbahasa Jerman di Cekoslovakia barat.

1918: Di medan Balkan selama Perang Dunia I, Sekutu menguasai Skopje (di Makedonia); Bulgaria meminta (dan mendapat) gencatan senjata.

1913: Dengan Perjanjian Konstantinopel, perjanjian akhir dalam penyelesaian Perang Balkan, Kekaisaran Ottoman mendapatkan kembali sebagian besar provinsi Adrianople (Edirne) dari Bulgaria.

1911: Italia meluncurkan upaya untuk memperoleh imperium kolonial dengan menyatakan perang terhadap Kekaisaran Ottoman, yang mana provinsi Afrika Utara Cyrenaica dan Tripolitania (Libya modern) kemudian disita dalam Perang Italo-Turki.

480 SM: Dalam Pertempuran Salamis, selama Perang Persia, armada Yunani yang terdiri atas 350 trireme dan dipimpin oleh Themistocles mengalahkan armada Persia yang jumlahnya dua kali lebih besar.

Komentar Anda