Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 28 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 28 September:

Kilas Balik September

2000: Pemimpin politik Israel Ariel Sharon, disertai beberapa ratus tentara bersenjata, mengunjungi situs suci Yerusalem Timur yang dikenal sebagai Temple Mount bagi orang Yahudi dan Haram al-Sharif bagi umat Islam; kunjungan ini memicu kerusuhan antara warga Palestina, menandai awal intifada (pemberontakan Arab) kedua terhadap Israel.

1995: Di Washington, D.C., Yitzhak Rabin dan Yasser Arafat menandatangani perjanjian yang merupakan tindak lanjut dari perjanjian Oslo yang sering disebut Oslo II; perjanjian ini mengatur persyaratan untuk mundurnya militer Israel dari kota-kota Palestina dan kota-kota di Tepi Barat dan membuat persyaratan untuk pemilihan Otoritas Nasional Palestina.

1962: Alouette, satelit pertama Kanada, diluncurkan.

1924: Dalam sebuah penerbangan pertama, dua pesawat U.S. Army -Douglas World Cruisers- menuntaskan penerbangan keliling dunianya, dari Seattle ke Seattle; penerbangan ini memakan waktu 175 hari.

1895: Ilmuwan besar Perancis, Louis Pasteur, pendiri mikrobiologi modern, meninggal dunia.

1864: International Workingmen’s Association, or First Socialist International, didirikan di London, dan Karl Marx menjadi pemimpinnya.

1066: Penaklukan Norman atas Inggris dimulai ketika William Sang Penakluk, duke Normandia, mendarat di pantai selatan Inggris.

48 SM: Pompey yang Agung, jenderal Romawi yang persaingan dan perangnya dengan Julius Caesar telah berakhir dengan kekalahannya enam minggu sebelumnya, dibunuh di Mesir.

Komentar Anda