Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 24 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 24 September:

Kilas Balik September

1996: Taliban, yang awalnya merupakan tentara religius fundamentalis yang berkomitmen untuk mengakhiri perang sipil pasca-Soviet untuk menguasai Afghanistan, menguasai Kabul.

1996: Perjanjian Larangan Uji Coba Komprehensif sangat disetujui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, dengan kelima penguasa nuklir -Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, dan Rusia- memberikan persetujuan mereka pada larangan total uji coba nuklir bawah tanah, di udara, di bawah laut, dan di luar angkasa; Senat AS menolak meratifikasi perjanjian pengendalian senjata ini pada tahun 1999.

1877: Saigo Takamori, yang memainkan peran utama dalam Restorasi Meiji di Jepang tetapi kemudian menantang pemerintahan kekaisaran, melakukan ritual bunuh diri menyusul kekalahan pemberontakan Satsuma-nya.

1869: Black Friday terjadi di Wall Street sebagai akibat dari upaya spekulan Jay Gould dan James Fisk menyudutkan pasar emas; untuk mencegah hal ini, Departemen Keuangan AS merilis sejumlah emas ke pasar, menyebabkan harga emas jatuh beserta seluruh pasar saham.

1862: Selama Perang Saudara Amerika, Presiden Abraham Lincoln mengambil tindakan yang sangat kontroversial, yakni menangguhkan habeas corpus, perlindungan terhadap penjara ilegal warga.

1846: Selama Perang Meksiko, kota Monterrey jatuh ke tangan Amerika setelah empat hari terjadi pertempuran hebat; Jenderal Zachary Taylor kemudian melakukan blunder militer dengan pemberian 8 minggu gencatan senjata selama Meksiko menarik diri dengan sebagian besar pasukannya.

Komentar Anda