10 Selebriti Korea Paling Top Tahun 2014 Versi Forbes

Forbes Korea baru-baru ini merilis daftar 10 selebriti Korea paling ngetop di tahun 2014. Mereka meliputi artis K-Pop, boyband dan girlband, atlet, dan aktor. Forbes mempertimbangkan pendapatan dan popularitas mereka di media sebagai kriteria penilaian utamanya. Selebriti dari dunia musik mendominasi daftar ini. Siapa saja kesepuluh artis ngetop ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Foto Selebritis Korea

10. IU

Foto IU

Lee Ji-eun atau lebih dikenal dengan IU membuka daftar ini. Penyanyi Korea Selatan kelahiran 16 Mei 1993 ini juga merupakan penulis lagu, aktris, gitaris, dancer, dan presenter TV yang penuh bakat. IU memulai debutnya di tahun 2008 dengan merilis single berjudul Lost Child. Namanya mulai dikenal publik luas setelah ia meluncurkan album studio pertamanya, Growing Up. IU telah melahirkan album dalam bahasa Korea dan Jepang. Lagu Red Shoes dari album ketiganya memuncaki berbagai tangga lagu Korea. Tak hanya menyanyi, IU juga pernah bermain drama TV. Dimulai dari drama Dream High, IU terus berakting hingga akhirnya mendapat peran utama dalam drama You’re the Best, Lee Soon-shin dan Pretty Man, keduanya di tahun 2013.

9. Kim Yuna

Foto Kim Yuna

Kim Yuna adalah atlet figure skater terkemuka Korea. Wanita kelahiran 5 September 1990 ini menjuarai Olimpiade Musim Dingin 2010. Ia juga menjadi juara dunia 2009 dan 2013, menjuarai Four Continents 2009, tiga kali menjuarai Grand Prix (2006–2007, 2007–2008, 2009–2010), World Junior 2006, Junior Grand Prix Final 2005, juara nasional Korea Selatan enam kali (2003, 2004, 2005, 2006, 2013, 2014), dan lain sebagainya. Berbagai rekor fantastis ia ukir selama berkarir sebagai skater. Prestasi gemilangnya itu membuat Kim laris manis menjadi model iklan. Ia juga memiliki beberapa proyek sebagai penyanyi dan berduet dengan sejumlah aktris K-Pop.

8. SHINee

Foto SHINee

Boyband bentukan S.M. Entertainment ini telah menjual ratusan ribu kopi album dan melakukan puluhan tur dunia. SHINee yang dibentuk tahun 2008 ini beranggotakan lima orang, yakni Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Debut mereka dimulai pada tanggal 25 Mei 2008 lewat single berjudul Replay. Hingga kini, SHINee telah melahirkan empat studio album berbahasa Korea, tiga studio album berbahasa Jepang, dan lima album EP. Di mata publik, SHINee dikenal karena gaya fashion mereka yang khas, diciptakan oleh Ha Sang Baek, seperti sepatu sneaker tinggi, jeans ketat, dan sweater berwarna-warni. Tren ini disebut “SHINee Trend”.

7. TVXQ

Foto TVXQ

Di peringkat tujuh ada TVXQ, kepanjangan dari Tong Vfang Xien Qi. Duo pop Korea ini beranggotakan U-Know Yunho dan Max Changmin. Di Jepang duo ini dikenal dengan nama DBSK. Sebelum menjadi duo, TVXQ adalah boyband beranggotakan lima orang. Mereka langsung menyeruak masuk ke industri musik Asia dengan single pertamanya, Hug. Dalam 10 tahun terakhir popularitas TVXQ kian meraja dengan total penjualan album mencapai puluhan juta kopi. Mereka sukses menaklukkan persaingan musik di Korea dan Asia dengan sejumlah album yang meledak di pasaran, seperti “O”-Jung.Ban.Hap. (2006) dan Mirotic (2008). Oleh Billboard TVXQ dijuluki sebagai “Bangsawan K-Pop”.

next

Komentar Anda