Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 22 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 22 September:

Kilas Balik September

1980: Pemimpin baru Irak Saddam Hussein meluncurkan Perang Iran-Irak dengan menyerang Iran; konflik 8 tahun ini, di mana Amerika Serikat umumnya mendukung Irak, pada dasarnya tidak meyakinkan tapi sangat mahal bagi kedua negara.

1949: Uni Republik Sosialis Soviet meledakkan bom atom pertamanya.

1927: Gene Tunney, juara tinju dunia kelas berat, mempertahankan gelar melawan Jack Dempsey di Chicago dalam laga yang dikenal sebagai pertarungan “hitungan panjang”.

1914: Serangan kapal selam pertama dari Perang Dunia I terjadi ketika U-9 Jerman menenggelamkan tiga kapal penjelajah Inggris di lepas pantai Belanda; pada hari yang sama, kapal penjelajah Jerman, Emden, yang telah mengusik kapal-kapal Inggris di Samudera Hindia sejak Agustus, membombardir kota Madras, India.

1862: Abraham Lincoln mengeluarkan pendahuluan untuk Proklamasi Emansipasi, mengumumkan bahwa emansipasi budak akan berlaku efektif pada 1 Januari 1863, di negara-negara bagian yang masih dalam pemberontakan.

1862: Otto von Bismarck menjadi menteri presiden dan menteri luar negeri raja Prusia (kemudian menjadi kaisar Jerman William I); sejak saat itu ia mendominasi urusan Jerman, mencapai penyatuan di bawah kendali Prusia, dan sebagian besar Eropa -sampai pemecatan tiba-tibanya pada tahun 1890.

1792: Selama Revolusi Prancis, Konvensi Nasional memproklamasikan berdirinya Republik Perancis; kalender revolusioner yang diadopsi pada tahun 1793 dimulai pada tanggal ini, hari pertama dari tahun pertama republik -1 Vendemaire, Tahun I.

Komentar Anda