Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 20 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 20 September:

Kilas Balik September

2004: Di Indonesia, Jenderal Susilo Bambang Yudhoyono mengalahkan inkumben Megawati Soekarnoputri dalam pemilihan presiden langsung pertama di negara ini.

1960: Negara-negara Afrika yang baru merdeka yakni Benin (kemudian disebut Dahomey), Burkina Faso (Volta Hulu), Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Kongo-Brazzaville, Kongo-Kinshasa, Gabon, Pantai Gading, Madagaskar (Republik Malagasi), Mali, Niger, Somalia, dan Togo bergabung dengan PBB; Siprus juga menjadi anggota PBB pada tanggal ini.

1916: Selama Perang Dunia I, Grup Tentara Rusia Barat Daya yang dipimpin oleh Aleksei Brusilov mencapai kaki bukit Carpathians, setelah menghancurkan tentara Austria; Serangan Brusilov besar berakhir ketika Jerman bergegas menerjunkan bala bantuan ke daerah itu.

1643: Selama Perang Saudara Inggris, Raja Charles I dan kaum royalis dikalahkan dalam Pertempuran Newbury.

1580: Sir Francis Drake kembali dari perjalanan mengelilingi dunia selama tiga tahun, yang dimulai pada tahun 1577; hanya ekspedisi Magellan yang pernah mencapai ini sebelumnya.

1519: Ferdinand Magellan meninggalkan Seville dengan lima kapal ekspedisi dan menjadi orang pertama yang mengelilingi dunia; Magellan sendiri tidak menyelesaikan perjalanan itu, dia terbunuh di Filipina.

Komentar Anda