Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 16 September:

Kilas Balik September

1978: Gempa bumi mengguncang timur laut Iran, dengan kekuatan 7,7 magnitude, menewaskan 25.000 orang.

1975: Papua Nugini, yang telah dikelola oleh Australia sebagai wilayah perwalian PBB sejak tahun 1946, merdeka.

1941: Selama Perang Dunia II, Inggris dan Uni Soviet, yang keduanya sudah menduduki Iran pada bulan Agustus, memaksa penguasa pro-Jerman, Reza Shah Pahlavi, untuk melepaskan turun tahta demi anaknya, Muhammad Reza Shah Pahlavi.

1847: Setelah kalah dalam Perang Meksiko, Jenderal Antonio López de Santa Anna mengundurkan diri sebagai presiden Meksiko; kemudian ia dipaksa untuk mengundurkan diri dari komandonya, dan ia meninggalkan negara itu.

1810: Miguel Hidalgo y Costilla dan pengikutnya menyatakan pemberontakan mereka melawan penjajahan Spanyol dengan Grito de Dolores (Cry of Dolores); Meksiko merayakan tanggal ini sebagai hari kemerdekaannya.

1687: Parthenon di Athena terkena artileri Venetian, menyebabkan mesiu yang disimpan di sana oleh orang Turki meledak, menghamburkan puing-puing di Acropolis.

1620: Setelah beberapa kali melakukan start palsu, Mayflower akhirnya berlayar dari Plymouth, Inggris, pada pelayaran bersejarah ke Dunia Baru; ia membawa 102 penumpang selain awak.

Komentar Anda