Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 15 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 15 September:

Kilas Balik September

1992: Pemodal dan spekulan Amerika, George Soros, meraup keuntungan 1 miliar dolar dengan bertaruh bahwa poundsterling akan turun sedikit nilainya.

1978: Petinju Muhammad Ali mengalahkan Leon Spinks di pertandingan ulang untuk memperoleh gelar tinju dunia kelas berat ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

1950: Selama Perang Korea, komandan PBB Douglas MacArthur melakukan pendaratan amfibi di Inchon dan sukses memotong jalur pasokan Korea Utara.

1935: Hukum Nuremberg, dua hukum konstitusional yang meletakkan dasar untuk mengesampingkan hukum Yahudi dari kehidupan dan masyarakat Jerman, diberlakukan oleh Reichstag Jerman.

1918: Di garis depan Balkan dalam Perang Dunia I, pasukan Serbia, diapit oleh pasukan Perancis dan Yunani, berhasil menyerang pusat garis Bulgaria.

1916: Selama Pertempuran Somme, di bagian depan barat Perang Dunia I, Inggris menggunakan tank untuk pertama kalinya dalam pertempuran; meskipun mereka berhasil mengejutkan Jerman, kendaraan lapis baja ini kurang bertenaga, tidak dapat diandalkan, terlalu lambat, dan terlalu sedikit jumlahnya untuk memberikan dampak besar (dari 47 armada, hanya 9 yang dapat menyelesaikan tugasnya dalam pertempuran).

1821: Provinsi Spanyol Guatemala (Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Nikaragua) mendeklarasikan kemerdekaan mereka.

Komentar Anda