Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 14 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 14 September:

Kilas Balik September

1999: Negara-negara Pasifik Nauru, Kiribati, dan Tonga menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

1960: Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) didirikan di Baghdad oleh Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela.

1901: Presiden AS, William McKinley meninggal dunia, delapan hari setelah ditembak oleh seorang anarkis; ia digantikan oleh wakil presidennya, Theodore Roosevelt.

1847: Jenderal AS Winfield Scott dan pasukannya menyelesaikan pendudukan Mexico City, dan Perang Meksiko secara efektif berakhir.

1829: Perjanjian Adrianople mengakhiri Perang Rusia-Turki dari tahun 1828 sampai 1829; menurut persyaratannya, Rusia menguasai mulut Sungai Danube dan hak navigasi melalui Dardanella dan Bosporus, sementara Kekaisaran Ottoman diminta untuk memberikan otonomi kepada Yunani dan menegaskan otonomi Moldavia, Walachia, dan Serbia.

1812: Tentara Napoleon menduduki Moskow, tapi pembakar Rusia membakar kota, dan 80 persen darinya terbakar habis.

1321: Dante Alighieri, penyair terkemuka Italia dan salah satu tokoh sastra Barat yang paling penting, meninggal dunia.

786: Harun al-Rashid, tokoh yang menjadi legendaris karena kisah tentangnya dalam Dongeng 1001 Malam, dilantik menjadi khalifah kelima Dinasti Abbasiyah.

Komentar Anda