Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 September:

Kilas Balik September

1999: Serangan bom terjadi di sebuah kompleks apartemen di Moskow dan menewaskan 95 orang; itu adalah salah satu serangan terburuk dari serangkaian serangan teroris di Rusia yang dikaitkan dengan pemberontak Chechnya.

1993: Pemimpin Palestina Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin menandatangani deklarasi bersejarah tentang prinsip-prinsip pemerintahan sendiri Palestina di Washington, D.C.; perjanjian itu, yang dikenal sebagai perjanjian Oslo, adalah produk dari perundingan rahasia selama berbulan-bulan dan menawarkan harapan baru bagi perdamaian, yang bertahan sampai pergantian abad.

1847: Pada Perang Meksiko, infanteri AS menyerbu benteng Chapultepec, mengatasi perlawanan heroik kadet Akademi Militer Meksiko; sore itu Amerika memasuki Mexico City.

1814: Selama Perang tahun 1812, kapal-kapal Inggris membombardir Fort McHenry di pelabuhan Baltimore, sementara Francis Scott Key menyaksikan peristiwa bersejarah itu dari kapal yang ditahan oleh Inggris.

1759: Dalam salah satu pertempuran paling penting dari Perang Perancis dan Indian, Inggris di bawah Jenderal James Wolfe mengalahkan tentara Perancis yang dipimpin oleh Marquis de Montcalm di Plains of Abraham dan merebut kota Quebec; kedua komandan tewas karena luka yang didapatnya dalam pertempuran itu.

1745: Francis I, suami Archduchess Austria Maria Theresa, menjadi kaisar Romawi Suci; namun Maria tetap mengontrol pemerintah.

Komentar Anda