Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 12 September:

Kilas Balik September

1999: Presiden Indonesia, B.J. Habibie akhirnya setuju untuk mengizinkan pasukan penjaga perdamaian internasional ke Timor Timur untuk meredam kekerasan yang meletus setelah referendum pro-kemerdekaan.

1943: Benito Mussolini, yang telah digulingkan dan dipenjarakan oleh pemerintah Italia baru di bulan Juli 1943, berhasil diselamatkan oleh Jerman, yang menjadikannya kepala rezim boneka di Italia utara.

1940: Empat remaja laki-laki yang sedang mencari anjing mereka yang hilang menemukan Lascaux, sebuah situs gua di Perancis selatan berisi beberapa contoh seni prasejarah paling spektakuler.

1918: Selama fase akhir Perang Dunia I, Jenderal “Black Jack” Pershing dan Angkatan Darat Pertama AS, didukung oleh angkatan udara Sekutu yang terdiri atas sekitar 1.400 pesawat di bawah kolonel AS Billy Mitchell, menyerang posisi Jerman di tanjung Saint-Mihiel.

1683: Raja John III (John Sobieski) dari Polandia mengalahkan Turki di gerbang Wina, mengakhiri pengepungan kota itu yang telah dimulai sejak tanggal 17 Juli; setelah kekalahan ini, tentara Ottoman runtuh dan terus kehilangan wilayahnya pada orang-orang Eropa.

1654: 23 orang Yahudi yang melarikan diri dari kekerasan Portugis di Recife, Brasil, tiba di pelabuhan kolonial Belanda, New Amsterdam (sekarang New York City), menjadi kelompok Yahudi Amerika pertama.

1609: Henry Hudson berlayar dan memulai eksplorasinya ke Sungai Hudson.

Komentar Anda