Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 11 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 11 September:

Kilas Balik September

2003: Menteri Luar Negeri Swedia, Anna Lindh, tewas karena beberapa luka tusukan yang didapatnya saat dia berbelanja di Stockholm; pembunuhan itu terjadi beberapa hari sebelum Swedia memutuskan apakah akan bergabung dengan zona euro atau tidak; Lindh adalah orang yang sangat mendukung penggabungan itu.

2001: Dalam tragedi yang dikenal sebagai 9/11, teroris membajak pesawat penumpang sebagai rudal untuk menghancurkan World Trade Center (WTC) di New York City dan merusak Pentagon di Arlington, Virginia.

1997: Mars Global Surveyor, yang telah diluncurkan dari bumi pada 6 November 1996, memasuki orbit Mars, memulai manuver lambat untuk semakin mendekati orbit dan memulai misi pemetaan yang sangat sukses.

1973: Pemerintah kiri Salvador Allende di Chili digulingkan dalam kudeta militer, di mana Allende sendiri tewas; periode represi parah terjadi kemudian di bawah pimpinan Jenderal Augusto Pinochet.

1914: Setelah mementahkan serangan Austria, pasukan Rusia meneruskan penguasaan mereka atas Galicia di Austria (kecuali benteng Przemysl) selama Perang Dunia I; tapi Jerman segera bergerak untuk memperkuat sekutu Austria mereka.

1814: Selama Perang 1812, komandan angkatan laut AS Thomas MacDonough mencetak kemenangan penting atas armada Inggris di Danau Champlain; sebagai akibat dari Pertempuran Plattsburgh, tentara Inggris mundur ke Kanada.

Komentar Anda