7 Aplikasi Penghemat Daya Baterai Android Terbaik

Meski sarat fitur canggih, Android juga dikenal sebagai platform yang paling boros baterai. Inilah salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna OS besutan Google ini. Tak jarang pengguna harus mengisi ulang baterainya 2-3 kali dalam sehari. Tak hanya menyebalkan dan merepotkan, tapi hal ini juga bisa mengurangi keawetan baterai. Untuk mengatasi hal ini, beberapa developer berlomba untuk membuat aplikasi penghemat daya baterai. Dan tujuh aplikasi gratis inilah yang bisa dibilang paling laris di PlayStore.

Baterai Android Habis

1. DU Battery Saver & Widgets

Developer: DU APPS STUDIO

Gambar DU Battery Saver & Widgets

Menduduki peringkat teratas adalah DU Battery Saver & Widgets. Aplikasi dengan rating tinggi di Playstore ini punya segudang fitur penting dalam penghematan daya baterai. Cukup dengan memilih “Optimize”, DU akan segera mendeteksi dan membereskan masalah-masalah yang membuat baterai Anda ngedrop dengan seketika. Dengan mode pre-set dan kontrol one-touch, pengguna bisa langsung meningkatkan performa handset, melenyapkan segala biang lemot, dan memperpanjang umur baterai. Aplikasi ini juga mendukung pengecasan yang sehat. Tak lupa ada status akurat yang memuat kondisi terkini baterai, aplikasi, dan hardware Android Anda.

2. Battery Doctor (Battery Saver)

Developer: Cheetah Mobile Inc. (NYSE: CMCM)

Gambar Battery Doctor (Battery Saver)

Battery Doctor mengklaim bisa meningkatkan nyawa baterai Anda sampai 50% dengan cara mencari dan “membunuh” aplikasi-aplikasi yang hobi menyedot daya baterai dalam smartphone Anda. Dengan total pengguna mencapai lebih dari 150 juta orang, aplikasi yang mendukung 19 bahasa ini menyediakan informasi detail tentang baterai Anda sekaligus memfasilitasi pengisian baterai yang sehat melalui tiga sistem tingkat pengecasan. Aplikasi ini sanggup memperkirakan kapan daya baterai Anda akan habis dengan menghitung segala aplikasi dan game yang sedang Anda mainkan. Ada juga widget untuk dipasang di home screen. Untuk ponsel yang sudah diroot, Battery Doctor menyediakan fitur manajemen CPU.

3. Easy Battery Saver

Developer: 2Easy Team

Gambar Easy Battery Saver

Jika Anda hanya ingin mengisi daya baterai setidaknya sehari sekali (bukan berkali-kali), Easy Battery Saver mungkin adalah apa yang Anda cari selama ini. Aplikasi cerdas ini siap menangani masalah ponsel mati kehabisan daya saat tengah digunakan dengan cara mengatur konektivitas jaringan, screen time out, dan kecerahan layar. Bahkan saat Anda tidur, aplikasi ini juga siaga menghemat daya baterai. Ada lima mode penghematan yang ditawarkan. Kelima-limanya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, dan jangan khawatir, tutorial yang interaktif di sana siap membantu Anda. Ada juga visualisasi baterai di laman utama. Easy Battery Saver mengutamakan kemudahan, kesederhanaan, dan kekuatan dalam mengirit baterai.

4. GO Battery Saver & Power Widget

Developer: GO Launcher EX

Gambar GO Battery Saver & Power Widget

Berada dalam barisan aplikasi GO yang sudah teruji waktu, GO Battery Saver & Power Widget memiliki segudang metode penghematan daya baterai, mulai dari power saving, smart saving, power testing, toggle control, dan lain sebagainya. Dengan desain elegan, aplikasi ini akan sangat membantu dalam menjaga kekuatan baterai agar tidak sampai habis ketika sedang dibutuhkan. GO Battery Saver bisa memperkirakan waktu tersisa baterai dan memberi tahu berapa banyak daya yang bisa dihemat jika Anda mematikan WiFi, Bluetooth, dan lainnya. Masalah konsumsi baterai yang boros bisa diatasi hanya dengan satu klik. Charging Maintenance dibenamkan agar proses pengecasan bisa berlangsung lebih aman dan sehat.

5. JuiceDefender – battery saver

Developer: Latedroid

Gambar Juice defender

Yang satu ini tak kalah populernya dengan aplikasi-aplikasi sejenis. Bermodal lebih dari 7 juta unduhan, JuiceDefender siap membantu Anda mengatasi problem baterai drop setiap saat. Interface yang rapi dan ramah pengguna akan mengontrol kekuatan baterai secara otomatis sepenuhnya. Anda bisa dengan mudah mematikan aplikasi dan jaringan yang mengeringkan daya baterai, menjadwal sinkronisasi, berpindah dari jaringan 2G ke 3G secara otomatis, mengontrol kecerahan layar dan Bluetooth, dan bahkan menyimpan log aktivitas Anda. JuiceDefender dilengkapi dengan 5 profil preset untuk berpindah dari mode default ke mode kostumisasi penuh. Dengan aplikasi ini, Anda tak perlu bingung lagi untuk menyelamatkan nyawa ponsel.

6. Deep Sleep Battery Saver

Developer: AntTek Mobile

Gambar Deep Sleep

Deep Sleep Battery Saver juga hadir dalam versi free alias gratis. Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, Deep Sleep benar-benar akan membuat perangkat Anda berada dalam modus deepsleep ketika layar mati. Selama mode deepsleep, WIFI dan 3G akan mati, aplikasi background akan berhenti. Oleh karena itu, beberapa aplikasi seperti Facebook dan Google Service akan mati. Ketika mode deepsleep selesai, semua akan kembali normal seperti sedia kala. Mode ini bisa diaktifkan dalam lima pilihan profil, yaitu Gentle, Balance, Strong, Aggressive, dan Slumberer, yang bervariasi berdasarkan frekuensi, durasi, dan pengaturan lainnya. Beberapa fitur tambahan juga diberikan untuk membantu mempertahankan kekuatan baterai Anda.

7. GSam Battery Monitor

Developer: GSam Labs

GSam Battery Monitor

Yang terakhir adalah GSam Battery Monitor, aplikasi ini akan membantu Anda mengetahui aplikasi apa saja yang berperan besar menyedot habis daya baterai ponsel serta memperkirakan waktu tersisa sebelum ponsel Anda mati kehabisan tenaga. Bahkan Anda bisa mengetahui secara mendetail bagaimana sebuah aplikasi menghabiskan daya baterai. Anda bisa mengatur semua aplikasi itu dengan CPU & sensor usage, app wakelocks, wake time, dan kernel wakelocks. Banyak pengguna mengatakan aplikasi ini sangat membantu mereka dalam menganalisa penyebab borosnya daya baterai ponsel secara lebih akurat ketimbang aplikasi sejenis lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa segera mendownloadnya dan mendapatkan manfaat darinya.

Komentar Anda