7 Aplikasi Chatting Android Sebagai Alternatif BBM

Sejak BlackBerry memutuskan untuk fokus menggarap BBM for Android, banyak perubahan yang mereka lakukan. Mulai dari penambahan fitur channel, voice call, sticker, hingga yang terbaru, Glympse. Namun, dengan makin banyaknya fitur baru itu, performa BBM kian menurun. Banyak pengguna melaporkan bug, gagal login, server error, konektivitas hilang, kontak dan chat hilang, gagal upload gambar, dan lain sebagainya.

Gambar BBM Android Error

Aplikasi chatting yang sudah diunduh jutaan orang ini mulai menuai protes. Pengguna yang frustrasi dan kecewa dengan performa BBM mulai beralih menggunakan aplikasi chatting lain yang lebih stabil, cepat, dengan beberapa fitur penting yang tak membebani memory smartphone dan performa aplikasi. Dan ketujuh aplikasi chatting terbaik inilah yang paling banyak mereka gunakan sebagai pengganti BBM yang sering error.

1. WhatsApp Messenger

Gambar WhatsApp Messenger

WhatsApp bukan pemain baru di Play Store. Aplikasi ini sudah ada jauh sebelum BBM for Android dan aplikasi chatting sejenis diciptakan. WhatsApp tetap berpegang teguh pada kesederhanaan dan interface tanpa iklan. Mereka tak menampilkan sedikitpun iklan dengan menawarkan penggunaan gratis selama 1 tahun dan berbayar rendah sesudahnya, yakni 12.000 rupiah setiap tahunnya. Ini tentu sangat murah mengingat WhatsApp memiliki segudang fitur penting selain chatting, seperti server yang stabil, emoticon, audio note, video dan photo message, group chat, dan lainnya. Tak seperti BBM, WhatsApp tak memerlukan PIN; kontak didapat dari daftar kontak di buku telepon Anda. Jika bosan dengan wallpapernya, Anda bisa pula menggantinya dengan aplikasi WhatsApp Wallpaper.

2. Facebook Messenger

Gambar Facebook Messenger

Yang ini tentu saja adalah aplikasi besutan raja jejaring sosial, Facebook. Dengan tampilan yang besar dan bersih, FB Messenger siap memanjakan penggunanya untuk chatting ria dan melakukan panggilan suara secara gratis, bahkan lintas negara. Update aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk langsung berbagi foto dan gambar dari galeri. Agar chatting semakin hidup dan seru, Facebook menambahkan puluhan paket sticker yang bisa diunduh secara gratis, di samping ratusan emoticon standar yang lucu-lucu. Anda bisa meninjau profil lawan ngobrol di Facebook, mengaktifkan fitur lokasi, melihat siapa yang sedang online di Facebook, merekam pesan suara untuk dikirim ke lawan bicara, dan lainnya.

3. LINE

Gambar LINE

Dengan tagline Free Calls & Messages, LINE hadir sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik yang sepenuhnya gratis, namun tetap mengedepankan sisi kenyamanan dan kecepatan. Sejak lama, LINE dikenal sebagai aplikasi yang paling banyak stickernya, bisa diunduh gratis langsung dari Sticker Shop. Video call dan voice call bisa dilakukan dengan mudah. Ada fitur Timeline untuk menulis status selayaknya di Facebook. Aplikasi yang sangat digemari di Asia ini juga menawarkan segudang game-game seru yang bisa didownload secara terpisah. Kontak LINE diambil dari kontak telepon Anda, jadi tak perlu PIN lagi. LINE jarang mengalami trouble seperti BBM. Dan hal inilah yang membuatnya tetap nangkring di posisi atas Play Store.

4. WeChat

Gambar WeChat

Aplikasi asal China ini juga banyak dilirik penggemar chatting karena berbagai fitur gratisan yang mereka tawarkan. Voice call dan video call berkualitas tinggi bisa dinikmati di WeChat. Beberapa game lucu juga disediakan untuk menghibur Anda, di samping fitur-fitur umum seperti mengirim gambar dan foto, grup obrolan (bisa mencakup sampai 100 orang), ratusan sticker animasi, moment, friend radar, realtime location, dan sebagainya. WeChat sangat menjaga privasi pengguna. WeChat adalah satu-satunya aplikasi perpesanan yang disertifikasi oleh TRUSTe. Dengan dukungan 20 bahasa, kustomisasi wallpaper, walkie-talkie, dan akun resmi, rasanya tak perlu ragu untuk mengganti BBM dengan WeChat.

5. BeeTalk

Gambar Beetalk

Aplikasi yang satu ini tengah naik daun. BeeTalk terkesan lebih ‘fun’ dibandingkan para pesaingnya. Di sini pengguna tak hanya bisa chatting, tapi juga mencari teman sebanyak-banyaknya. Anda bisa membuat atau mengikuti klub untuk menemukan teman yang memiliki minat sama. Asyiknya, hanya dengan melihat-lihat profil pengguna, Anda bisa memilih Like atau Dislike dan otomatis ia akan jadi teman. Membuat pertemanan juga mudah dan seru, cukup Shake alias goyangkan smartphone bersamaan dengan orang yang ingin Anda jadikan teman. Whisper Mode memungkinkan Anda mengirim pesan yang bisa menghilang secara unik setelah dibaca. Dan dengan Doodle Anda bisa menggambar dan membuat sketsa wajah teman.

6. KakaoTalk

Gambar KakaoTalk

KakaoTalk tak mau ketinggalan untuk bersaing menjadi aplikasi chatting terbaik di Android. Dengan mengusung motto Free Calls and Text, KakaoTalk yang konon dipakai oleh 150 juta orang pengguna ini menawarkan banyak fitur menarik gratis, seperti message dan multimedia (foto, video, voice), emoticon yang nyaris tak terbatas, grup chatting, Plus Friend, Voice Filter, hingga Android Wear. Tak lupa beberapa fitur unik lainnya juga ditawarkan, seperti berbagi lokasi, menambah teman dengan PIN BlackBerry, multitask saat chatting, pengingat, mobile game, dan lainnya. Sebagai aplikasi multiplatform, KakaoTalk bisa juga digunakan di PC, Asha, Windows OS, iOS, dan BlackBerry. Tentu tak ada salahnya mencoba KakaoTalk sebagai pengganti BBM yang kerap rewel.

7. Skype

Gambar Skype

Aplikasi pengganti BBM terakhir yang paling populer adalah Skype. Sebagai aplikasi multi platform, Skype juga diburu para penggunanya di Android. Fitur paling menonjol dalam Skype yang lama menjadi andalannya adalah voice call dan video call berkualitas tinggi yang gratis. Skype mengklaim ada sekitar 250 juta orang yang menggunakannya. Mereka juga menawarkan fasilitas SMS dan telepon kepada orang yang tidak menggunakan Skype dengan tarif yang relatif murah. Seperti kebanyakan aplikasi chatting lainnya, Skype memfasilitasi pengiriman gambar dan foto. Server Skype sangat stabil, cepat, dan telah teruji waktu. Dengan beberapa update di masa mendatang, Skype siap menjadi aplikasi nomor satu pengganti BBM.

Komentar Anda