10 Hal Unik tentang Bill Gates yang Mungkin Tak Anda Tahu

Bicara soal Bill Gates, pikiran kita mungkin langsung menuju pada kekayaan yang ia miliki. Ya, sosok pendiri Microsoft ini memang sangat kaya, namun juga dermawan. Di tahun 1999 saja, Bill Gates memiliki kekayaan lebih dari 100 milyar dolar. Namun terlepas dari itu, pria yang pernah mengatakan “sekolah itu hanya untuk orang bodoh” ini tetaplah manusia biasa yang penuh sisi unik. Apa saja keunikan dalam diri Bill Gates dan kehidupannya? Langsung saja kita simak kesepuluh fakta tentangnya.

Foto Bill Gates

1. Kolektor Porsche

Bill Gates ternyata suka mengoleksi mobil Porsche. Ia memang pernah tertangkap orang mengendarai Ford Focus 2008, namun itu tak seberapa jika dibandingkan dengan deretan mobil Porschenya. Tercatat setidaknya Gates memiliki Porsche 911 Carrera, Porsche 930, dan Porsche 959 Coupe. Uniknya, Porsche 959 Coupe pernah dicekal di Amerika Serikat karena ada masalah dengan keamanannya. Mobil yang dipesan Gates ada di Pelabuhan Seattle selama 1 dekade lebih sebelum akhirnya presiden Bill Clinton mengeluarkan undang-undang baru tentang keamanan mobil.

2. Sering salah prediksi

Pria kelahiran 28 Oktober 1955 ini boleh-boleh saja disebut sebagai manusia jenius nan kaya raya, tapi Gates kerap membuat prediksi yang salah. Ia pernah mengklaim bahwa pengguna PC tidak mungkin bisa memiliki memory lebih dari 640 kb. Di tahun 1989, Forbes bahkan mencatat Microsoft tidak akan mengeluarkan OS 32-bit, empat tahun sebelum perusahaan komputer itu merilis Windows 32-bit. Di tahun 2004, Gates mengatakan semua email akan bebas spam pada tahun 2006. Terakhir ia memprediksi bahwa di tahun 2035 tidak ada lagi kemiskinan di dunia. Yang ini patut diamini.

3. Tinggal di taman hiburan

Mansion Gates, Xanadu 2.0, membutuhkan waktu tujuh tahun dan dana sebesar 63 juta dolar untuk dibangun. Kolam renang raksasanya memiliki fitur musik dalam air dan ruang locker dengan empat shower dan dua bathtub. Belum lagi ada gym dan ruang makan berukuran besar, 24 kamar mandi, 23 garasi mobil, dan lain sebagainya.

4. Pernah ditangkap polisi

Bukan hanya sekali, tapi Gates pernah ditangkap polisi tiga kali. Di akhir tahun 70-an Gates hobi mengebut dengan mobil Porschenya di gurun. Di tahun 1975 ia ditangkap karena tak memiliki surat izin mengemudi, dan dua tahun kemudian karena menerobos lampu merah tanpa SIM. Setelah tidak kebut-kebutan lagi, Gates pernah ditangkap di tahun 1989 karena mengemudi sambil mabuk.

5. Manuskrip Leonardo da Vinci

Codex Leicester, manuskrip Leonardo da Vinci berusia 500 tahun yang mengilustrasikan beberapa observasi ilmiahnya, ada di perpustakaan rumahnya di Xanadu 2.0. Gates rela membelinya seharga 30,8 juta dolar AS di tahun 1994 sambil mengatakan bahwa da Vinci adalah inspirasi terbesarnya.

6. Double Date dengan Steve Jobs

Di tahun 80-an, dua pria jenius ini sering terlihat bersama dengan wanita masing-masing di restoran. Tak terbayangkan betapa para wanita yang pernah berkencan dengan mereka berdua mungkin suntuk bukan kepalang mendengar dua raksasa teknologi ini beradu argumen soal komputer dan penguasaan dunia.

7. Program komputer pertama

Gates menjual program komputer pertamanya di usia 17 tahun seharga 4.200 dolar AS. Pembelinya adalah sekolah SMA-nya sendiri. Gates merancang sistem penjadwalan mata pelajaran sekolah.

8. Tidak mengangkat telepon

Bos Microsoft ini punya reputasi buruk. Menurut salah satu eksekutif Microsoft, Gates kerap tidak bisa dihubungi saat ia masih aktif di perusahaan itu. Semua telepon berakhir sebagai panggilan gagal.

9. Pendapatan

Jika dirata-rata, pendapatan Bill Gates per detik adalah 250 dolar AS, per menit 150.000 dolar AS, dan per hari 20 juta dolar AS. Sangat fantastik!

10. Sangat dermawan

Gates memiliki yayasan sendiri, yakni Bill and Melinda Gates Foundation. Puluhan juta dolar sudah digelontorkan yayasan ini untuk memerangi kemiskinan dan kelaparan di dunia. Yayasan ini juga bertujuan untuk mengembangkan teknologi serta meningkatkan sistem pendidikan di AS. Pasangan Gates dan Melinda berencana untuk menyumbangkan 95% dari warisannya kelak.

Komentar Anda