Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 8 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 8 September:

Kilas Balik September

1967: Surveyor 5 diluncurkan dan mendarat di bulan pada tanggal 11 September di mana ia membuat pengukuran kimia pertama langsung dari permukaan bulan.

1941: Selama Perang Dunia II, pasukan Jerman sepenuhnya mengepung kota Rusia Leningrad (sekarang Saint Petersburg); Pengepungan Leningrad bertahan sekitar 900 hari (sampai 27 Januari 1944) dan menewaskan ratusan ribu jiwa.

1914: Dalam rangkaian manuver yang disebut “perlombaan ke laut” dalam Perang Dunia I, benteng Maubeuge, di perbatasan utara Prancis, jatuh ke tangan Jerman.

1760: Selama Perang Perancis dan India, komandan Inggris Jeffrey Amherst menguasai Montreal dan mengamankan kekuasaan Inggris atas Kanada.

1565: Pedro Menendez de Avilés meresmikan pembangunan benteng di Saint Augustine, Florida, yang menjadi pemukiman Eropa permanen pertama di Amerika Utara.

1522: Ekspedisi pertama untuk mengelilingi dunia, yang telah dimulai di bawah pimpinan Ferdinand Magellan tiga tahun sebelumnya, kembali ke Seville dengan hanya 17 orang Eropa dan 4 orang Hindia Timur yang masih hidup; setelah kematian Magellan, ekspedisi ini dipimpin oleh Juan Sebastián del Cano.

1504: Patung marmer David (5,4 m) buatan Michelangelo selesai dan dipasang di depan pintu masuk utama ke Palazzo Vecchio (Piazza della Signoria) di Florence.

Komentar Anda