Daftar 10 Album Paling Populer di Era 80-an

Apa album lagu paling populer dari tahun 80-an? Tergantung pada bagaimana Anda mendefinisikan istilah “populer”. Tapi kumpulan album yang tercantum di bawah ini telah terjual jutaan kopi melebihi album-album musik lain. Mengapa album-album ini laku keras? Karena mereka mengandung sedikitnya satu (dan dalam beberapa kasus, ada beberapa) lagu yang mampu merajai chart musik di tahun 80-an. Ini daftarnya.

Michael Jackson – Thriller

Foto album Jacko Thriller

Jika berbicara album paling populer di tahun 80-an, Thriller pasti ada di puncaknya. Tidak hanya karena album ini mencatatkan penjualan terbaik dari tahun 80-an, tapi banyak kalangan mengatakan ini adalah album terbaik sepanjang masa. Thriller mengandung lagu-lagu populer seperti Beat It, Billie Jean, P.Y.T, dan tentu saja, lagu Thriller sendiri. Anda tidak bisa “melarikan diri” dari salah satu lagu-lagu di album ini yang selalu diputar di radio atau MTV yang baru diluncurkan di tahun 80-an. Dan hal ini tidak masalah bagi banyak penggemar musik.

AC/DC – Back in Black

Terkejut? Banyak orang menyebut AC/DC sebagai band metal, namun banyak juga yang berpendapat mereka bukanlah metal. Terlepas dari itu, AC/DC berhasil menghasilkan rekor penjualan tertinggi kedua dalam dekade ini. Artinya, dalam album Back in Black, ada beberapa nomor yang cukup mengesankan. Back in Black laku keras karena popularitas lagu dan hits klasik abadinya, You Shook Me All Night Long.

Billy Joel – Greatest Hits, Volume 1 & 2

Lagu-lagu Greatest Hits dari Billy Joel serasa seperti parade radio era 80-an: Uptown Girl, Innocent Man, We didn’t Start the Fire, For the Longest Time. Joel adalah fenomena era 80-an, dan lagu-lagunya pasti ada di peringkat atas dalam hal popularitas.

Guns N ‘Roses – Appetite for Destruction

Guns N ‘Roses meledak di pasaran saat era 80-an hampir usai, tapi mereka pernah juga mencuri perhatian pada dekade ini. Hampir dalam semalam, Sweet Child O ‘Mine menjadi lagu favorit semua orang. Berkat suara punk hard-rock dan banyaknya pemutaran dari MTV, lagu-lagu berikutnya seperti Welcome to the Jungle dan Paradise City membuat Guns N ‘Roses berkuasa di akhir dekade.

Bruce Springsteen – Born in the USA

Kisah Springsteen tentang kehidupan Amerika beresonansi dengan penggemar musik 80-an, dan meskipun Springsteen telah membuat musik sejak tahun 70-an, Born in the USA menjadi terobosan tersendiri. Dengan musik khas Amerika, lagu-lagu dari album ini seperti Born in the USA dan Dancing in the Dark (serta video yang menampilkan Courtney Cox muda) menjadi single-single yang sangat populer.

Bruce Springsteen – Greatest Hits 1975-1985

Meski tampak kurang adil, Springsteen memang muncul dua kali dalam daftar 10 album terlaris tahun 80-an. Meskipun tidak semua lagu yang ada dalam koleksi ini direkam di tahun 80-an, album ini merupakan bukti dari popularitas lagu-lagu seperti Born in the USA yang mampu melewati begitu banyak pesaing.

Prince – Purple Rain

Musik pop di tahun 80-an tidak diciptakan di “laboratorium” seperti sekarang ini. Lagu pop 80-an lebih funky, kreatif, dan bertenaga. Contohnya adalah Purple Rain. Didukung oleh film yang menyertainya, lagu-lagu seperti Purple Rain, Let’s Go Crazy, dan tentu saja, nomor klasik 80-an, When Doves Cry, mengatasi semua persaingan musik di radio dan MTV.

Whitney Houston – Whitney Houston

Tak seorangpun di tahun 80-an akan memprediksi lahirnya seorang Whitney Houston. Pada debut album ini, wanita bersuara merdu ini membuat lagu-lagu How Will I Know, The Greatest Love Of All dan You Give Good Love menjadi semacam kebutuhan pokok radio.

Phil Collins – No Jacket Required

Album lain yang mungkin tidak Anda duga, tetapi dengan kekuatan luar biasa dari lagu Sussudio dan Don’t Lose My Number, album peraih Grammy ini bukan hanya menjadi hits, tapi juga sukses merebut hati banyak fans dan kritikus musik. Mereka yang tidak suka Phil Collins tiba-tiba akan menyukai Phil Collins.

Def Leppard – Hysteria

Daftar ini ditutup oleh band asal Inggris, Def Leppard . Sebagai bukti kekuatan rock di tahun 80-an, album hard rock ini mengandung beberapa lagu paling bertenaga, salah satunya adalah Pour Some Sugar on Me, yang mampu menembus deretan lagu-lagu terpopuler di era 80-an.

0 thoughts on “Daftar 10 Album Paling Populer di Era 80-an

  • 09/07/2014 at 12:38 am
    Permalink

    Pilihan saya jatuh kepada MJ dan GNR

    Reply

Komentar Anda