Cara Mengetahui Apakah Seekor Anjing Sedang Hamil

Sebagian orang memelihara anjing untuk diternak. Anak-anak anjing yang dihasilkan bisa dijual, dipelihara sendiri, atau diberikan pada teman dan kerabat. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang membiakkan anjing, maka mengetahui tanda-tanda awal kehamilan dapat membantu Anda menentukan apakah konsepsi telah terjadi.

Gambar anjing hamil

Menurut Doctors Foster and Smith, sedikit sulit untuk mengetahui apakah anjing sedang hamil pada minggu-minggu pertama kehamilannya, tetapi ada beberapa perubahan yang harus diperhatikan. Amati anjing Anda dari dekat untuk melihat apakah ia menunjukkan satu atau beberapa tanda berikut ini.

Ciri-ciri anjing yang sedang hamil:

Penurunan nafsu makan

Kurangnya nafsu makan biasanya merupakan salah satu tanda-tanda awal bahwa anjing Anda hamil. Tidak semua betina mengalami semacam “morning sickness,” tapi sebagian kecil anjing akan makan lebih sedikit selama beberapa minggu pertama kehamilannya dan biasanya akan menebusnya nanti di masa kehamilan.

Jika anjing Anda kehilangan selera makannya selama minggu-minggu awal kehamilan, jangan paksa ia untuk makan. Anda dapat menggodanya dengan sedikit daging sapi rebus bercampur nasi, tapi jangan terlalu gusar jika ia masih menolak makan. Kebanyakan anjing tidak akan melewatkan lebih dari satu atau dua hari tanpa makan setidaknya sedikit makanan. Jika anjing Anda menolak untuk makan selama tiga hari berturut-turut, maka ini waktunya untuk berkonsultasi dokter hewan.

Peningkatan nafsu makan

Beberapa anjing mengalami peningkatan nafsu makan hampir bersamaan ketika ia positif hamil. Jika hal ini terjadi, anjing bisa jadi akan melahap makanan dengan cepat dan kemudian tetap berada di depan mangkuknya seakan meminta lebih.

Tidak masalah membiarkan ia makan lebih banyak, tetapi jangan sampai terlalu membebani perutnya. Daripada memberikan sekali makanan dalam sehari, lebih baik berikan dua atau tiga kali makan setiap hari, sehingga ia selalu memiliki sesuatu untuk mengganjal perutnya. Ini akan membantunya tetap kenyang dan memberikan nutrisi tambahan yang ia perlukan untuk perkembangan anak-anaknya.

Penurunan mendadak dalam aktivitas

Jika anjing betina Anda biasanya energik, penurunan mendadak dalam aktivitas mungkin menjadi indikasi lain yang bahwa ia sedang mengandung. Sama seperti kebanyakan wanita, anjing betina juga dapat mengalami perasaan kelelahan saat tingkat hormon mereka berubah untuk mendukung embrio berkembang.

Pertumbuhan puting susu

Pengembangan puting susu adalah indikator yang sangat baik untuk menunjukkan bahwa tubuh anjing Anda akan mengalami perubahan kehamilan. Puting betina yang belum kawin biasanya cukup kecil dan daerah di bawahnya datar. Saat kehamilan sedang berlangsung, materi payudara akan berkembang di bawah puting, yang juga akan sedikit meningkat sebagai persiapan untuk memproduksi susu. Anda seharusnya dapat melihat pertumbuhan puting susu, dan Anda harus dapat merasakan perkembangan payudara sekitar dua minggu setelah perkawinan terjadi.

Perubahan warna puting susu

Selain pengembangan puting, warna puting akan sedikit berubah, terutama 4-6 puting terakhir yang berada paling dekat dengan kaki belakang anjing. Puting biasanya berwarna pink pucat hingga sedikit abu-abu. Setelah terjadi perubahan kehamilan, puting akan menjadi lebih pink dan akan terlihat sedikit memerah karena aliran darah meningkat di daerah itu.

Perubahan perilaku

Hampir semua anjing yang baru hamil menunjukkan beberapa jenis perubahan perilaku. Beberapa betina akan menjadi sangat manja, dan beberapa bahkan akan menjadi sangat lengket dengan pemiliknya karena ia menjadi “galau” dengan semua perubahan yang ia rasakan. Anjing lain akan menjadi sedikit pemarah dan lebih memilih untuk tetap sendiri kecuali ia secara aktif ingin ditemani pemiliknya.

Apa yang harus dilakukan?

Jika Anda merencanakan pembiakan, Anda mungkin hanya ingin mengonfirmasi bahwa pembiakan itu sukses. Jika Anda tidak merencanakan pembiakan dan hanya menduga anjing Anda sedang hamil, maka pergilah ke dokter hewan untuk memeriksa kehamilannya. Jika anjing sedang hamil, ia bisa menangani sebagian besar perubahan pada dirinya sendiri. Sedangkan tugas utama Anda adalah:

  • Bawa ia ke dokter hewan untuk melakukan tes kehamilan awal sekaligus memastikan apakah gejala itu berhubungan dengan penyakit tertentu.
  • Berikan nutrisi terbaik sebisa mungkin.
  • Pastikan ia diajak berolahraga secara moderat (tidak terlalu berat atau melelahkan). Anda hanya perlu membantu anjing tetap fit dan tidak kelebihan berat badan.
  • Pastikan juga ia mendapat tempat yang nyaman untuk beristirahat, terutama karena perutnya mulai tumbuh membesar.
  • Cobalah untuk menjaga stres dalam rumah seminimal mungkin.
  • Siapkan kotak yang akan ia gunakan ketika ia hendak bersalin.

Komentar Anda