Tokoh Besar Dunia yang Lahir pada 6 September

Kelahiran 6 September – Berikut adalah nama-nama tokoh besar dunia yang lahir pada tanggal 6 September:

John Dalton
John Dalton

1766: John Dalton, pendidik, kimiawan, dan fisikawan Inggris yang mengembangkan konsep kuno tentang atom menjadi teori ilmiah yang menjadi dasar kimia modern.

1795: Frances Wright, kritikus sosial, pemikir bebas, dan pembaharu Amerika yang menganjurkan emansipasi budak, cinta bebas, pengendalian kelahiran, hak-hak wanita, dan pendidikan umum gratis.

1828: Aleksandr Butlerov, ahli kimia Rusia yang merupakan salah satu orang pertama yang menggunakan rumus untuk mewakili posisi relatif atom dalam senyawa organik dan yang memperkenalkan istilah struktur kimia untuk konsep ini (1861).

1860: Jane Addams, pekerja sosial, filsuf publik, sosiolog, penulis, dan pemimpin perjuangan hak pilih perempuan dan perdamaian dunia; ia mengabdikan hidupnya untuk membantu orang, mengakhiri perang, dan memperjuangkan kesetaraan.

1876​​: John James Rickard MacLeod, psikolog Skotlandia yang bersama Sir Frederick G. Banting menemukan hormon insulin.

1892: Sir Edward Victor Appleton, fisikawan Inggris yang menemukan bahwa lapisan atas ionosfer, yang disebut F-region atau lapisan Appleton, memantulkan gelombang radio.

1906: Luis Federico Leloir, ahli biokimia Argentina yang memenangkan Nobel 1970 atas studinya tentang proses-proses pemecahan gula tubuh menjadi molekul yang lebih sederhana.

1943: Richard J. Roberts, ahli biologi molekuler Inggris yang mendapat Nobel 1993 atas penemuan intron dalam DNA eukariota serta mekanisme penyambungan gen.

Komentar Anda