Apa Fungsi Retinol Bagi Anjing Peliharaan?

Retinol penting bagi hewan, terutama untuk perkembangan mata dan tulang. Retinol tidak harus dikonsumsi secara langsung, melainkan bisa dikonsumsi dalam bentuk vitamin A yang nantinya akan diubah menjadi retinol dalam usus kecil, disimpan dalam bentuk yang berbeda di hati, dan kemudian digunakan bila diperlukan.

Anjing sakit kekurangan vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan karena itu tidak perlu selalu dikonsumsi setiap hari, berbeda dengan vitamin yang larut dalam air yang perlu dikonsumsi setiap hari. Retinil palmitrate adalah bentuk umum dari vitamin A yang ada dalam pakan hewan, yang diubah menjadi bentuk retinol yang dapat digunakan setelah dikonsumsi.

Vitamin A penting untuk penglihatan, pertumbuhan, perkembangan otot, serta pertumbuhan kulit dan rambut. Oleh karena itu, vitamin A sangat penting diberikan pada hewan anakan yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dengan memberi makanan berkualitas tinggi pada anjing Anda, Anda kemungkinan telah memberinya vitamin A yang diperlukan untuk tetap sehat. Vitamin A ada dalam sumber pakan hewan, seperti telur. Zat ini juga sangat terkonsentrasi di liver, sehingga memberi makan anjing dengan camilan liver atau liver matang dapat meningkatkan asupan vitamin A-nya. Karena vitamin A sangat lazim dalam makanan anjing, suplemen tidak lagi diperlukan, kecuali direkomendasikan oleh dokter hewan Anda.

Anjing yang kekurangan vitamin A akan menunjukkan tanda-tanda kebutaan malam, pertumbuhan lambat, serta kualitas kulit dan rambut memburuk. Menurut Doctors Foster & Smith, dosis harian yang direkomendasikan adalah 2.272 IU per pon makanan yang dikonsumsi dalam bentuk kering. Yang harus diketahui, jangan memberi vitamin A terlalu banyak. Takaran kelebihan vitamin A adalah di atas 113.600 IU per pon makanan kering. Kelemahan otot dan kelainan tulang dapat terjadi. Toksisitas jarang terjadi namun tetap harus diwaspadai ketika makanan anjing Anda terlalu kaya akan vitamin A.

Komentar Anda