Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 5 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 5 September:

Kilas Balik September

1997: Bunda Teresa, biarawati kelahiran Albania yang telah melayani orang miskin Kalkuta selama beberapa dekade, meninggal dunia.

1972: Olimpiade Munich terganggu dengan kekerasan ketika kelompok bersenjata Palestina dari kelompok Black September menyerbu markas tim Israel, menewaskan dua orang dan menyandera sembilan orang Isreal; kemudian, selama usaha penyelamatana yang gagal, mereka membunuh para sandera yang tersisa dan seorang polisi Jerman.

1905: Traktat Portsmouth mengakhiri Perang Rusia-Jepang; di bawah persyaratan perjanjian itu, yang dimediasi oleh Presiden AS Theodore Roosevelt, Rusia mengakui dominasi Jepang di Korea, mentransfer Manchuria pada Jepang, serta menyerahkan bagian selatan Sakhalin.

1914: Selama Perang Dunia I, Pertempuran Marne Pertama dimulai ketika Angkatan Darat Pertama Jerman mendeteksi Tentara Keenam Prancis maju dari Paris dan mencegatnya dalam Pertempuran Ourcq; lima hari berikutnya, Jerman akhirnya menarik diri, meninggalkan rencana mereka untuk menguasai Paris dan mengakhiri perang dengan cepat.

1882: Hari Buruh pertama dirayakan di New York City di bawah naungan Serikat Pekerja Tengah.

1793: Selama Revolusi Perancis, pergerakan para sans culotte di Paris memimpin Konvensi Nasional untuk mengadopsi teror sebagai instrumen resmi pemerintah; ini menandai awal resmi dari Pemerintahan Teror.

1774: Kongres Kontinental Pertama, yang menyatukan delegasi dari semua koloni Amerika, diselenggarakan di Philadelphia dengan Peyton Randolph dari Virginia sebagai ketuanya.

Komentar Anda