Apa Saja Penyebab Katarak pada Mata?

Katarak adalah degradasi penglihatan progresif yang disebabkan kekeruhan lensa yang mencakup mata. Meskipun awalnya katarak tidak menghalangi penglihatan, saat tumbuh katarak akan menghalangi pandangan dan mempengaruhi kegiatan membaca, mengemudi, dan interaksi dengan teman dan kerabat. Katarak juga membuat Anda lebih sensitif terhadap cahaya dan dapat menyebabkan efek halo di siang hari. Untungnya, katarak bisa dibuang secara aman melalui operasi.

mata katarak

Katarak dapat terbentuk di kedua mata pada saat yang sama, atau hanya pada satu mata. Kondisi ini mempengaruhi lensa mata, yang merupakan lapisan tipis yang terletak tepat di belakang iris dan pupil. Lensa bertugas untuk memfokuskan cahaya yang melewati mata untuk menghasilkan gambar yang tajam. Saat lensa mata mengeruh, cahaya menjadi tersebar, bukan terfokus.

Penglihatan dari mata penderita katarak
Penglihatan dari mata penderita katarak

Sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet merupakan faktor besar penyebab pembentukan katarak. Karena sinar ultraviolet dapat menyebbakan kerusakan pada bagian halus mata, dokter menyarankan untuk memakai kacamata hitam setiap kali Anda menghabiskan waktu yang lama di bawah sinar matahari. Kacamata Anda harus memiliki lensa dengan perlindungan UV.

Radiasi

Jenis lain dari radiasi juga menyebabkan katarak. Sebuah studi di tahun 2005 menemukan bahwa pilot pesawat lebih rentan terhadap katarak karena paparan konstan mereka terhadap radiasi kosmik. Astronot juga memiliki risiko tinggi menderita katarak.

Makanan

Makanan yang mengandung natrium tinggi juga bertanggung jawab menyebabkan katarak. Dokter menyarankan diet tinggi antioksidan untuk membantu menurunkan risiko katarak. Vitamin C, vitamin A, vitamin E, selenium semuanya baik untuk mata karena bisa menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Polutan dan Obat

Obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko terkena katarak. Orang yang menggunakan steroid, diuretik, dan obat penenang memiliki risiko tinggi terkena katarak. Asap rokok dan produk tembakau lainnya telah terbukti menyebabkan katarak. Pecandu alkohol yang secara teratur mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi juga beresiko. Studi menunjukkan bahwa paparan timbal dapat menyebabkan katarak, namun banyak data lanjutan diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah katarak adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan membatasi paparan sinar UV pada mata Anda. Makanlah makanan yang tinggi kandungan selenium dan vitamin C-nya. Vitamin E dan A juga penting, tetapi bisa menjadi racun bila dikonsumsi dalam dosis tinggi. Jadi konsumsilah secara wajar. Jangan lupa, selalu pakai kacamata hitam jika berada di bawah sinar matahari.

Komentar Anda