Apa Pengaruh Asma pada Ibu Hamil?

Hanya sekitar 7 persen dari wanita penderita asma yang sedang hamil memiliki kehamilan berisiko tinggi. Namun, kondisi ini harus ditanggapi dengan serius karena asma yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu dan janin.

Foto ibu hamil terkena asma

Dokter umumnya sepakat bahwa sekitar sepertiga dari semua wanita penderita asma akan melihat gejala mereka semakin memburuk, sepertiganya akan membaik, dan sepertiga terakhir kondisinya tetap sama. Lalu apa efeknya pada ibu dan janin?

Efek pada Ibu

Asma yang tidak terkontrol selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa ibu, seperti tekanan darah tinggi, pendarahan, kesulitan persalinan, dan toksemia.

Efek pada Janin

Jika asma tidak terkontrol selama kehamilan, janin dapat mengalami kelahiran prematur atau berat badan ketika lahir rendah.

Peringatan

Wanita hamil harus menjauhi hal-hal yang bisa memicu serangan asma, seperti alergen, stres, dan kegiatan fisik yang banyak menguras tenaga.

Obat

Kebanyakan dokter setuju bahwa sebagian besar obat asma dapat terus digunakan untuk mengontrol asma selama masa kehamilan; Namun, beberapa jenis atau dosis obat asma mungkin perlu diubah tergantung pada jenis dan tahap kehamilan.

Saran

Saat hamil, sangat penting untuk mendiskusikan kondisi kesehatan dan obat-obatan yang hendak Anda konsumsi dengan dokter terlebih dahulu.

Komentar Anda