Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 3 September:

Kilas Balik September

1976: Viking 2 mendarat di dataran yang dipenuhi bebatuan di sebuah situs yang disebut Utopia Planitia di planet Mars.

1943: Selama Perang Dunia II, pasukan Inggris dan Amerika bergerak melintasi Selat Messina mencapai ujung Italia; pada hari yang sama, pemerintah Pietro Badoglio menandatangani gencatan senjata rahasia dengan Sekutu.

1939: Menyusul invasi Nazi atas Polandia, Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman pada awal Perang Dunia II di Eropa.

1925: Shenandoah, pesawat rigid pertama yang dibangun di Amerika Serikat (diluncurkan pada bulan September 1923), dihantam badai di dekat Ava, Ohio; dari 43 orang di pesawat, 29 orang berhasil selamat.

1783: Perjanjian Paris ditandatangani, mengakhiri Revolusi Amerika secara formal; Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat.

401 SM: Cyrus Muda dikalahkan dan dibunuh di Cunaxa dalam usahanya untuk merebut tahta Persia dari saudaranya Artahsasta II; Tentara Yunani bayaran milik Cyrus, yang disebut Ten Thousand, diperintahkan oleh Clearchus, kemudian mundur sebagaimana dijelaskan oleh Xenophon dalam Anabasis.

Komentar Anda