10 Hal Penting Terkait Penemuan Telegraf

Samuel F.B. Morse adalah penemu telegraf. Ia mengirim pesan pertama melalui alat temuannya itu pada Mei 1844. Manfaat penemuan ini dan demonstrasinya segera meluas, dan banyak kepentingan komersial berkontribusi terhadap pembangunan dan penyebaran jaringan telegraf yang cepat di seluruh Amerika Serikat. Inilah 10 fakta seputar penemuan telegraf.

Foto Morse dan Telegraf

1. Charles Thomas Jackson adalah seorang penemu yang mengatakan kepada Samuel Finley Breese Morse pada tahun 1832 bahwa impuls listrik dapat dibawa di sepanjang kawat panjang. Informasi inilah yang menginspirasi Morse, seorang profesor seni di Universitas Kota New York, untuk membuat sketsa desain telegraf pertamanya.

2. Sketsa Morse menunjukkan tiga bagian utama telegraf: pengirim; penerima untuk merekam sinyal listrik; dan kode untuk menerjemahkan sinyal ke dalam huruf dan angka agar pesan bisa dimengerti. Morse percaya bahwa informasi dapat dikirim melalui cara ini dalam jarak apapun.

3. Seorang mekanik bernama Alfred Vail membantu Morse mengembangkan gagasannya. Mereka membentuk kemitraan pada tahun 1837, merancang sistem dari titik dan garis yang kemudian menjadi kode Morse, mengajukan hak paten, dan mencoba mencari pendanaan untuk penemuan mereka.

4. Pada tahun 1843, Morse akhirnya memperoleh dana 30.000 dolar dari Kongres AS untuk membangun saluran telegraf pertama, yang menghubungkan Washington, D.C. dengan Baltimore, Maryland. Ini menjadi jalur telegraf komersial pertama di Amerika Serikat dan dunia.

5. Morse mengirimkan pesan pertama kalinya dari telegraf pada 24 Mei 1844. Pesan itu berbunyi, “What hath God wrought!” Kata-kata itu adalah bagian dari Buku Bilangan Alkitab, yang dipilih oleh Annie Ellsworth, putri seorang teman.

6. Morse beralih ke seorang pria bernama Amos Kendall untuk menangani urusan bisnis yang terkait dengan penemuannya. Kendall adalah seorang pengacara Kentucky yang pernah menjabat sebagai auditor Departemen Keuangan AS, serta Postmaster General.

7. Kode telegraf yang dibuat oleh Morse dikenal sebagai Kode Morse Amerika. Karena kode itu mengandung beberapa inkonsistensi, versi lain dikembangkan di Eropa, yang kemudian dikenal sebagai Kode Morse Kontinental. Kode ini diadopsi oleh sebagian besar dunia dan menjadi standar untuk komunikasi telegraf internasional.

8. Perusahaan kereta api memasang jaringan telegraf sebagai cara berkomunikasi dengan kereta mereka. Informasi tentang lokasi dan penundaan kereta api dapat dikirim dengan cepat. Hasilnya, kota-kota di daerah terpencil sekarang bisa berkomunikasi lebih cepat dengan seluruh bagian negara melalui telegraf.

9. Kecepatan pengiriman informasi lewat telegraf melalui jarak yang jauh menyebabkan peristiwa yang didasarkan pada komunikasi bisa berlangsung lebih cepat. Beberapa contohnya adalah perdagangan pasar saham dan perkembangan medan perang militer.

10. Meskipun telegraf awalnya digunakan untuk mengirimkan pesan dari orang ke orang, alat ini segera digunakan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan berita. Asosiasi pers telegrafis pertama didirikan pada tahun 1848.

Komentar Anda