Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 September

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 September:

Kilas Balik September

1972: Bobby Fischer mengalahkan Boris Spassky dalam pertandingan di Reykjavik, Islandia, dan dinobatkan sebagai orang Amerika pertama yang menjadi juara catur dunia.

1969: Sebuah kudeta tak berdarah menggulingkan Raja Idris dari Libya, dan Muammar al-Qaddafi menjadi kepala negara.

1979: Pesawat antariksa AS, Pioneer 11, mencapai Saturnus.

1971: Qatar, sebelumnya protektorat Inggris, menjadi merdeka.

1951: Traktat ANZUS, perjanjian pertahanan bersama antara Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat, ditandatangani.

1939: Perang Dunia II dimulai dengan invasi Jerman ke Polandia.

1923: Gempa bumi melanda Tokyo dan Yokohama, Jepang, menewaskan lebih dari 200.000 orang.

1917: Selama Perang Dunia I, Angkatan Darat Kedelapan Jerman menyerang Riga di ujung utara dari barisan Rusia; jatuhnya Riga memicu runtuhnya pemerintah Kerensky di Petrograd (Saint Petersburg), mambuka jalan untuk Revolusi Bolshevik.

1914: Martha, burung passenger pigeon terakhir, mati di Kebun Binatang Cincinnati; spesiesnya, yang dulu mungkin pernah mencapai 25% sampai 40% dari total populasi burung di Amerika Serikat, hancur karena perburuan.

1715: Louis XIV dari Perancis, yang memiliki pemerintahan terpanjang dalam sejarah Eropa (1643-1715), meninggal; Ia disebut Raja Matahari dan membawa monarki absolut ke puncaknya, membentuk pengadilan megah di Versailles, dan bertempur dengan sebagian besar negara-negara Eropa lainnya dalam empat perang.

Komentar Anda