Profil Singkat Justin Bieber

Justin Bieber bisa disebut sebagai salah satu bintang pop pertama yang diciptakan oleh internet. Setelah popularitasnya meledak pada tahun 2009 berkat serangkaian video onlinenya, Bieber menjadi fenomena musik dengan jutaan penggemar yang dikenal sebagai Beliebers di seluruh dunia.

Justin Bieber

Justin Drew Bieber lahir pada tanggal 1 Maret 1994, di Stratford, Ontario, Kanada. Semasa kecilnya, ia gemar bermain hoki es dan sepak bola. Ketika ketertarikannya beralih ke musik, ia belajar bermain gitar, piano, drum, dan terompet sendiri. Pada usia 12 tahun, Bieber mengikuti sebuah kompetisi menyanyi di kota kelahirannya dan memenangkan tempat kedua. Ibu Bieber memposting sebuah video penampilannya di YouTube agar bisa ditonton keluarga dan teman-temannya. Namun ternyata, video itu menarik banyak orang.

Bieber kemudian menyanyi dan merekam lagu-lagu yang dipopulerkan oleh bintang lain seperti Usher dan Justin Timberlake. Semua itu juga diposting di YouTube. Seorang pencari bakat melihat video-video itu dan ia mengetahui bahwa Bieber adalah calon bintang. Ia segera memperkenalkan Bieber kepada Usher, yang memberikannya sebuah audisi. Bieber segera menandatangani kontrak manajemen dan rekaman. Pada tahun 2007, ia pindah ke Atlanta, Georgia, untuk mengejar karir musiknya.

Single pertama Bieber, “One Time”, dirilis pada tahun 2009 dan memperoleh kesuksesan di tangga lagu. Lagu ini juga dirilis di album My World di akhir tahun itu. Album berikutnya, My World 2.0, dirilis pada tahun 2010. Demikian pula album My Worlds Acoustic, yang menampilkan versi akustik dari sebagian besar lagu-lagu dalam album My World. Never Say Never: The Remixes, yang diluncurkan pada tahun 2011, menampilkan penyanyi tamu seperti Miley Cyrus dan Kanye West.

Album Bieber terjual jutaan kopi. Lagu “Baby,” dari My World 2.0 yang menampilkan rapper Ludacris, menjadi hit tunggal terbesar Bieber. Video klip yang menyertainya telah ditonton jutaan kali di Internet. Tur Bieber, My World Tour, berlangsung hampir satu tahun, dari Juni 2010 sampai Mei 2011. Ia pergi dari Amerika Serikat dan Kanada ke Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Selatan. Di banyak tempat, tiket terjual habis hanya dalam beberapa hari.

Pada tahun 2011, Bieber merilis Under the Mistletoe. Album ini menampilkan lagu-lagu Natal dan mencakup duet dengan Mariah Carey. Bintang pop ini lagi-lagi merilis album baru, Believe, pada bulan Juni 2012 yang menampilkan lagu dance, balada, dan beat yang membuatnya menjadi lagu hit secara instan. Believe Acoustic keluar di tahun berikutnya. Jurnal (2013) mencakup single yang sebelumnya telah tersedia untuk didownload.

Film dan televisi telah menambah popularitas Bieber. Dirilis pada tahun 2011, film MTV Justin Bieber: Never Say Never mendokumentasikan tur Bieber My World Tour di tahun 2010. Konser dokumenter 3-D ini juga meliputi cuplikan Bieber sebagai anak muda. Film konser Justin Bieber Believe mengikuti penyanyi ini dalam tur dunianya untuk album Believe.

Bieber telah memenangkan berbagai penghargaan. Pada tahun 2010, ia dinobatkan sebagai New Artist of the Year, Artist of the Year, Favorite Pop/Rock Male Artist dalam ajang American Music Awards. Penghargaan lainnya datang dari Kanada, Brasil, dan negara-negara Eropa.

Komentar Anda