Profil Lengkap Negara Norwegia

Norwegia adalah salah satu negara Skandinavia di Eropa Utara. Negara ini menempati bagian barat dan utara Semenanjung Skandinavia, yang dibagi dengan Swedia. Denmark, negara Skandinavia lainnya, terletak tepat di selatan dan merupakan bagian dari daratan Eropa. Sebagian besar wilayah Norwegia berbatasan dengan Swedia. Negara ini juga berbatasan dengan Finlandia dan Rusia di utara jauh.

Foto kota Oslo Norwegia di Malam Hari

Penduduk

Orang Norwegia berhubungan erat dengan orang Swedia dan Denmark tetangga mereka serta orang Islandia. Sekitar 43,000 orang Sami (sebelumnya disebut Lapp), etnis minoritas utama, tinggal di wilayah utara jauh Norwegia yang disebut Lapland (atau Samiland). Norwegia adalah salah satu negara yang paling padat penduduknya di antara negara-negara Eropa. Mayoritas penduduk tinggal di kota-kota di tenggara dan di sepanjang selatan dan barat daya pesisir. Oslo, ibukota, terletak di tenggara.

Bahasa dan Agama

Bahasa Norwegia adalah bahasa resmi. Bahasa ini adalah bahasa Jermanik yang berasal dari Norse Lama. Bahasa Norwegia memiliki dua bentuk: Bokmål (bahasa buku), yang paling umum digunakan, dan Nynorsk (Norse Baru). Ada juga kecil minoritas yang berbahasa Sami dan Finlandia. Kebanyakan orang Norwegia memeluk Gereja Lutheran Injili, gereja negara. Tapi semua agama dapat dianut secara bebas.

Sekolah dan Perpustakaan

Secara hukum, semua anak Norwegia harus bersekolah dari usia 6 sampai 16 tahun. Program pendidikan dasar terdiri atas tujuh tahun pendidikan rendah dan tiga tahun pendidikan atas. Siswa kemudian dapat melanjutkan ke sekolah menengah yang akan melatih mereka untuk masuk dnia kerja atau studi di universitas. Ada sekitar 36 perguruan tinggi. Universitas tertua di negara itu, Universitas Oslo, terletak di ibukota.

Norwegia juga memiliki sekitar 70 Sekolah Tinggi Rakyat. Remaja, orang dewasa, dan pensiunan dapat mempelajari berbagai mata pelajaran di sekolah-sekolah itu. Selain itu, orang Norwegia mengambil manfaat dari sistem pendidikan berkelanjutan yang didukung pemerintah dan sistem perpustakaan umum yang luas. Perpustakaan Nasional berlokasi di Oslo.

Makanan dan Minuman

Ikan merupakan elemen penting dalam makanan Norwegia dan merupakan bagian dari koldtbord (makan siang atau makan malam dingin), berupa prasmanan berbagai hidangan dingin. Makanan pokok meliputi daging, keju susu kambing (gjetost), dan roti datar yang tipis dan renyah (knekkebrød). Bir sering diminum dengan makanan.

Olahraga dan Rekreasi

Orang Norwegia sangat menikmati kegiatan di luar ruangan. Ski adalah olahraga tradisional, dan Norwegia telah memenangkan berbagai medali Olimpiade dalam ski dan ski jumping downhill dan cross-country. Holmenkollen, tempat ski jump terkenal dan situs Olimpiade Musim Dingin1952, menghadap ke Oslo. Atlet Olympide Norwegi,a Sonja Henie, meraih tiga medali emas dalam figure skating (1928, 1932, dan 1936). Sepakbola adalah olahraga musim panas favorit. Hiking dan memancing juga populer.

Bentang Alam

Pegunungan dan hutan cemara menutupi sebagian besar wilayah, yang juga ditandai dengan banyaknya lembah curam, danau, sungai deras, air terjun, dan gletser. Garis pantai Norwegia yang panjang dihiasi banyak fjord -inlet laut dalam yang berjajar dengan tebing yang menjulang. Titik tertinggi di negara ini Galdhøpiggen, naik setinggi 2.469 meter di wilayah pegunungan Jotunheimen dari Norwegia tengah bagian selatan.

Negara ini memanjang dari Laut Barents, lengan Samudra Arktik, di utara sampai Laut Utara dan kanal Skagerrak di selatan, sejauh 1.770 kilometer. Hampir sepertiga dari wilayahnya terletak di sebelah utara Lingkaran Arktik. Ciri-ciri fisik Norwegia membaginya menjadi lima wilayah yang berbeda: Østlandet (Negara Timur), Sorlandet (Negara Selatan), Vestlandet (Negara Barat), semua di Norwegia Selatan; Trøndelag (wilayah Trondheim); dan Nord-Norge (Norwegia Utara).

Østlandet, terletak di tenggara, adalah wilayah pertanian yang paling penting dan membentuk kurang dari 30 persen dari total area. Tapi lembahnya yang luas menyediakan hampir 50 persen lahan pertanian produktif Norwegia. Ini adalah rumah bagi sekitar separuh dari penduduk; situs ibukota; dan pusat perdagangan, industri, dan pendidikan Norwegia.

Sorlandet adalah wilayah terkecil, dengan sekitar 5 persen dari wilayah Norwegia. Vestlandet terletak di sepanjang pantai barat daya. Ini adalah tanah pegunungan yang berselimut salju, fjord yang mendalam, kota-kota pantai, dan sawah-sawah kecil. Ini adalah wilayah yang paling padat penduduknya kedua di Norwegia. Perikanan dan peternakan adalah mata pencaharian tradisional di sini. Tapi semua telah digantikan oleh minyak bumi dan gas alam yang diproduksi di perairan lepas pantai dalam hal kepentingan ekonomi.

Trøndelag merupakan daerah dataran rendah di tengah Norwegia dengan luas lahan pertanian yang cukup besar. Nord-Norge adalah lahan panjang dan sempit di utara Norwegia. Ini adalah wilayah terbesar, dengan sekitar 35 persen dari total luas negara, tetapi memiliki populasi terkecil kedua setelah Sorlandet. Sebagian besar orang Sami Norwegia tinggal di sini, dan perikanan dan pertambangan besi sangat penting.

Kepulauan, Sungai, dan Danau

Wilayah Norwegia juga meliputi Svalbard (sebelumnya disebut Spitsbergen). Svalbard adalah sekelompok empat pulau besar dan lebih dari 100 pulau kecil, ditambah Pulau Jan Mayen. Semua terletak di Samudra Arktik. Di barat laut pantai Norwegia ada kelompok pulau Lofoten, terletak di Laut Norwegia. Sebagian besar pantai barat Norwegia dihiasi dengan ribuan pulau. Sungai terpanjang Norwegia adalah Glåma dan Dramselva. Ada juga banyak danau, yang terbesar adalah Mjøsa.

Iklim

Norwegia memiliki iklim yang tergolong moderat bagi negara yang terletak di utara jauh. Air hangat dari Arus Atlantik Utara membawa udara lembab dari barat daya. Daerah pesisir umumnya di atas titik beku di musim dingin. Tapi di musim dingin, suhu turun tajam di pedalaman, kadang-kadang jatuh hingga -18 C. Hujan salju berat umum terjadi. Musim panas sejuk, dan curah hujan turun secukupnya di seluruh negeri. Di ujung utara, selama musim panas, matahari bersinar 24 jam sehari. Wilayah ini kadang-kadang disebut Tanah Matahari Tengah Malam. Di musim dingin, kondisi berbalik dan sebagian besar berada dalam kegelapan.

Sumber Daya Alam

Minyak dan gas alam, diekstrak terutama dari Laut Utara, adalah sumber daya alami Norwegia yang paling penting. Yang juga penting adalah hutan; sungai mengalir cepat adalah sumber listrik tenaga air; dan ikan. Bijih besi dan tembaga adalah sumber daya mineral logam utama.

Ekonomi

Produksi minyak dan gas, bersamaan dengan produk dan jasa terkait, menyumbang sekitar 40 persen pada perekonomian negara. Ekstraksi minyak dan gas membuat Norwegia kaya. Kekayaan ini membantu memperluas perekonomian, terutama di bidang teknologi tinggi dan penelitian dan pengembangan.

Jasa

Jasa menyumbang sekitar 65 persen pada perekonomian Norwegia. Pemerintah adalah penyerap tenaga kerja terbesar di sektor jasa. Pariwisata juga penting, terutama kapal pesiar populer di fjord pantai barat Norwegia. Jasa lainnya mencakup perdagangan besar dan eceran, keuangan, asuransi, real estate, transportasi, dan komunikasi.

Manufaktur

Sekitar seperlima dari angkatan kerja bekerja di berbagai industri. Setelah minyak dan gas bumi, ekspor terkemuka adalah peralatan tenaga air, kapal dan platform minyak, peralatan kantor, produk elektronik, kertas dan bubur kertas, logam, dan bahan kimia. Kegiatan pengiriman barang dan terkait telah lama penting bagi perekonomian Norwegia. Sejak akhir 1800-an, Norwegia telah memiliki armada laut besar.

Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan

Hanya sekitar 3 persen lahan Norwegia yang cocok untuk pertanian, ditambah peternakan sebagai kegiatan utama. Gandum, barley, dan kentang ditanam untuk makanan. Tetapi banyak dari tanahnya dikhususkan untuk memproduksi jerami dan tanaman lain yang digunakan sebagai pakan ternak. Daging dan susu adalah produk ternak utama. Hutan Norwegia memproduksi pulp, kertas, dan kayu. Produk kayu mencapai sekitar 6 persen dari pendapatan ekspor.

Kebanyakan penangkapan ikan komersial dilakukan di perairan Utara Norwegia. Cod, herring, dan mackerel adalah varietas ikan utama yang ditangkap. Peternakan salmon di sepanjang pantai juga penting. Pemburuan paus memiliki tradisi panjang di Norwegia. Setiap tahun sejumlah kecil paus minke dipanen, meskipun ada larangan internasional terhadap penangkapan ikan paus komersial.

Transportasi

Di masa lalu, bentuk dataran Norwegia mempersulit perjalanan darat, dan banyak bagian negara itu terisolasi satu sama lain. Pada akhir 1800-an, layanan kapal uap, Hurtigruten, didirikan, yang menghubungkan kota-kota di pantai barat Norwegia. Hari ini, feri, sistem kereta api luas, dan jaringan jalan besar membantu orang-orang bepergian dengan mudah.

Semakin banyak jembatan dan terowongan dibangun untuk melewati hambatan fjord dan pegunungan. Salah satu terowongan, Terowongan Laerdale, adalah terowongan jalan terpanjang di dunia. Panjangnya 24,5 kilometer dan selesai dibangun pada tahun 2000. Ini adalah penghubung feri dan sistem jalan penting yang menghubungkan Oslo dengan Bergen, dua kota terbesar di negara itu. Oslo Airport adalah bandara utama Norwegia.

Komunikasi

Norwegia adalah salah satu negara yang paling berteknologi maju di dunia. Ponsel dan internet secara luas digunakan, dan televisi satelit dan kabel juga disediakan. Ada lebih dari 300 stasiun radio dan sekitar 200 surat kabar.

Kota-kota Besar

Oslo adalah ibukota dan kota terbesar, serta pusat komersial, industri, dan budaya Norwegia. Terletak di Oslo Fjord, penduduk kota sekitar 625.000 jiwa. Wilayah Oslo Besar memiliki penduduk sekitar 1,4 juta. Oslo didirikan pada tahun 1000. Api menghancurkan sebagian besar kota asli pada tahun 1624. Kota ini dibangun kembali dan berganti nama menjadi Christiania, nama itu terus dipakai sampai tahun 1925, ketika nama Oslo dikembalikan.

Bergen, kota terbesar kedua di Norwegia, adalah pelabuhan di pantai barat dan jantung budaya daerah Vestlandet. Kota ini memiliki populasi hampir 270.000 jiwa. Selama Abad Pertengahan, Bergen adalah pusat perdagangan, dan menjadi kota terbesar Norwegia di tahun 1800-an. Tromsø, dengan populasi sekitar 70.000 jiwa, adalah kota utama di utara Norwegia. Didirikan pada pertengahan-1200 sebagai pasar dan kota perdagangan, kota ini sekarang menjadi pusat penelitian, pendidikan, dan budaya bagi daerah utara dan tempat berdirinya Universitas Tromsø dan museum arkeologi dan eksplorasi kutub yang penting.

Warisan Budaya

Prestasi budaya Norwegia telah memperoleh pengakuan dunia. Sastra dan seni didorong dan menerima dukungan pemerintah. Dramawan Norwegia, Henrik Ibsen, adalah salah satu pendiri drama modern. Dramawan dan penyair Bjørnstjerne Bjørnson, novelis Knut Hamsun, dan novelis Sigrid Undset semua pernah memenangkan Nobel di bidang sastra.

Pelukis Edvard Munch adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia ekspresionisme modern. Gustav Vigeland adalah pematung terbesar Norwegia. Banyak dari karya-karyanya ditampilkan dalam Frogner Hotel di Oslo. Edvard Grieg adalah komposer Norwegia pertama yang mendapatkan ketenaran internasional. Soprano Kirsten Flagstad dikenal karena perannya dalam opera Richard Wagner.

Norwegia telah menghasilkan sejumlah penjelajah besar. Di antaranya adalah Fridtjof Nansen, yang juga memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 1922 atas pekerjaan kemanusiaannya; Roald Amundsen, orang pertama yang mencapai Kutub Selatan, pada tahun 1911; dan Thor Heyerdahl, yang mencoba membuktikan bahwa perjalanan laut memainkan peran penting dalam penyebaran peradaban awal.

Pemerintah

Norwegia adalah sebuah monarki konstitusional. Raja adalah kepala negara, tetapi kekuasaan eksekutif dilakukan melalui suatu kabinet, Dewan Negara, dipimpin oleh seorang perdana menteri. Meski demikian, Dewan Negara ditunjuk oleh raja, harus disetujui oleh Storting (parlemen, atau legislatif). Storting dipilih oleh rakyat setiap empat tahun. Setelah pemilihan, ia membagi diri menjadi dua kamar. Seperempat dari anggotanya membentuk Lagting; sisanya membentuk Odelsting. Jika dua kamar ini tidak setuju pada undang-undang, dua pertiga mayoritas Storting diperlukan untuk pengesahan UU tersebut.

One thought on “Profil Lengkap Negara Norwegia

  • 02/05/2015 at 8:25 am
    Permalink

    Jeg liker det bildet. Når kan jeg også å gå til Norge? Allerede er så godt.

    Reply
  • 05/24/2016 at 10:17 am
    Permalink

    banyak belajar dari nie dari kembangpete 🙂

    salam kenal dari portal-ilmu

    Reply

Komentar Anda