Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1999: Meskipun terjadi kekerasan sebelum pemilu, lebih dari 98% penduduk yang memenuhi syarat menginginkan referendum Timor Timur yang diawasi PBB, dan sebagian besar memilih kemerdekaan dari Indonesia; peristiwa ini meredakan kekerasan lanjutan dari milisi pro-Indonesia, di mana sebanyak 2.000 orang tewas, kota Dili hancur, dan ratusan ribu orang mengungsi.

Loading...

1983: Guion S. Bluford menjadi orang Amerika keturunan Afrika pertama yang menjelajahi luar angkasa ketika misi Space Shuttle kedelapan, Challenger, diluncurkan.

1963: Amerika Serikat dan Uni Soviet meresmikan “hot line” untuk komunikasi langsung dalam keadaan darurat; hal ini tampak menjadi sinyal titik balik dalam perang dingin.

1918: Selama Perang Dunia I, Angkatan Darat Pertama AS mulai bergerak menuju Saint-Mihiel di utara Perancis; di hari yang sama, pasukan ANZAC (Australia and New Zealand Army Corps) mulai maju melintasi Sungai Somme, memaksa Jerman dari mundur bertahap menjadi mundur cepat.

Baca Juga:  Tokoh Besar Dunia yang Lahir pada 24 Maret

1813: William Weatherford, kepala suku Creek Indian yang juga dikenal sebagai Red Eagle, memimpin 1.000 orang Creek dalam serangan di Fort Mims, Alabama, menewaskan hampir 500 tentara dan pemukim.

Loading...

Komentar Anda