Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1999: Meskipun terjadi kekerasan sebelum pemilu, lebih dari 98% penduduk yang memenuhi syarat menginginkan referendum Timor Timur yang diawasi PBB, dan sebagian besar memilih kemerdekaan dari Indonesia; peristiwa ini meredakan kekerasan lanjutan dari milisi pro-Indonesia, di mana sebanyak 2.000 orang tewas, kota Dili hancur, dan ratusan ribu orang mengungsi.

1983: Guion S. Bluford menjadi orang Amerika keturunan Afrika pertama yang menjelajahi luar angkasa ketika misi Space Shuttle kedelapan, Challenger, diluncurkan.

1963: Amerika Serikat dan Uni Soviet meresmikan “hot line” untuk komunikasi langsung dalam keadaan darurat; hal ini tampak menjadi sinyal titik balik dalam perang dingin.

1918: Selama Perang Dunia I, Angkatan Darat Pertama AS mulai bergerak menuju Saint-Mihiel di utara Perancis; di hari yang sama, pasukan ANZAC (Australia and New Zealand Army Corps) mulai maju melintasi Sungai Somme, memaksa Jerman dari mundur bertahap menjadi mundur cepat.

1813: William Weatherford, kepala suku Creek Indian yang juga dikenal sebagai Red Eagle, memimpin 1.000 orang Creek dalam serangan di Fort Mims, Alabama, menewaskan hampir 500 tentara dan pemukim.

Komentar Anda