Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 29 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 29 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2005: Badai Katrina menerjang Gulf Coast Amerika Serikat, mendatangkan kerusakan besar di Mississippi, Alabama, dan yang paling parah, Louisiana; inilah salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah AS yang merenggut sekitar 1.300 nyawa dan menelan kerugian miliaran dolar.

2003: Serangan bom mobil di sebuah masjid di kota Irak, Najaf, menewaskan lebih dari 125 orang, termasuk pemimpin moderat Syiah, Ayatollah Muhammad Baqir-al-Hakim.

1991: Di tengah upaya kudeta yang gagal di Uni Soviet, Soviet Agung melarang semua kegiatan Partai Komunis.

1911: Ishi, anggota terakhir dari suku Indian Yahi dari California utara, masuk ke kota Oroville, California; ia awalnya dipenjara, tapi segera menjadi selebriti.

1533: Francisco Pizarro, penakluk Spanyol yang berhasil mencaplok Peru untuk Spanyol, mencekik penguasa Inca, Atahualpa, dengan garrote.

1526: Turki Ottoman di bawah Sulaiman I secara meyakinkan mengalahkan Hungaria dalam Pertempuran Mohács; raja Hungaria Louis II ditenggelamkan saat pasukannya mundur, dan Hungaria jatuh di bawah kekuasaan Turki.

Komentar Anda