Profil Lengkap Negara Nigeria

Nigeria, yang terletak di Afrika Barat, adalah salah satu negara yang paling padat penduduknya di Afrika. Namanya diambil dari Sungai Niger, yang mengalir melalui jantung negara ini. Negara yang sering disebut sebagai raksasa Afrika ini ukurannya lebih dari dua kali ukuran negara bagian California di Amerika Serikat. Beberapa negara Afrika memiliki wilayah yang lebih besar, tapi sedikit yang kaya akan sumber daya alam, terutama minyak, seperti Nigeria.

Foto negara Nigeria

Penduduk

Orang-orang Nigeria tergolong ke dalam 250 lebih kelompok etnis yang berbeda. Masing-masing memiliki bahasa, sejarah, dan adat istiadat sendiri. Sekitar setengah penduduk Nigeria adalah anggota dari tiga kelompok tersebut. Kelompok-kelompok ini adalah Hausa, Yoruba, dan Igbo (Ibo). Orang Hausa membentuk kelompok terbesar di utara Sungai Niger dan Benue. Mereka pernah menguasai beberapa daerah kuat di wilayah tersebut. Hampir semua orang Hausa adalah Muslim. Kelompok besar lainnya di utara adalah Fulani, Kanuri, dan Tiv.

Orang Yoruba membentuk kelompok barat daya terbesar dari Sungai Niger. Mereka mendirikan negara-kota besar jauh sebelum bangsa Eropa pertama kali tiba di tahun 1400-an. Negara-negara kota ini sangat kuat di tahun 1700-an dan 1800-an. Alih-alih membentuk kerajaan, suku Igbo dari tenggara tinggal dalam kelompok keluarga atau desa besar. Mereka sering dipisahkan oleh hutan lebat. Sebagian besar orang Igbo memeluk Kristen setelah orang Eropa tiba. Kelompok penting lainnya di Nigeria selatan adalah orang Edo (Beni), Ijaw, dan Ibibio-Efik.

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Nigeria. Tapi kebanyakan orang Nigeria berbicara bahasa etnis mereka sendiri dalam komunitas mereka. Di antara yang paling umum digunakan adalah bahasa Hausa, Yoruba, Igbo dan (Ibo).

Agama

Populasi di utara didominasi Muslim. Kristen menjadi mayoritas di selatan. Di banyak tempat, orang-orang Kristen bergabung dalam perayaan Idul Fitri pada akhir Ramadan. Dan orang Islam ambil bagian falam perayaan hari libur Kristen Paskah. Sekitar 10 persen dari penduduk Nigeria mengikuti agama-agama tradisional Afrika berdasarkan penyembahan banyak dewa dan roh. Tetapi orang-orang dari semua agama ambil bagian dalam upacara yang terkait dengan agama dan budaya tradisional.

Pendidikan

Pendidikan gratis dan wajib bagi anak-anak Nigeria berusia 6 sampai 15 tahun. Pendidikan di luar sekolah dasar dan menengah diajarkan dalam bahasa Inggris. Ada biaya untuk bersekolah di sekolah menengah dan lembaga pendidikan tinggi. Nigeria memiliki lebih dari 100 perguruan tinggi dan universitas. Di antara yang paling bergengsi adalah Universitas Ibadan, Universitas Ilorin, dan Universitas Obafemi Awolowo.

Cara Hidup

Di Nigeria selatan, perempuan telah lama bercocok tanam dan berjualan di pasar lokal. Pria membersihkan ladang dan memanen hasil hutan, sementara anak-anak sering membantu ibu mereka. Di ujung utara, beberapa wanita Hausa lebih sibuk mengurusi rumah tangga. Baik perdagangan dan pertanian dilakukan oleh laki-laki. Menggiring ternak adalah pekerjaan historis rakyat Fulani.

Penemuan minyak besar-besaran dan penyebaran pendidikan mengubah cara hidup tradisional warga Nigeria. Pemuda dan pemudi berduyun-duyun ke kota untuk mencari pekerjaan upahan dan masyarakat yang lebih dinamis.

Pakaian

Di utara, pria sering memakai pakaian bordir yang disebut riga. Perempuan menutupi kepala mereka dengan kain menjuntai dan sering memakai tunik longgar di atas kain panjang yang membungkus seperti rok. Di barat daya, pria memakai jubah panjang longgar yang disebut agbada dan penutup kepala dari kain. Wanita mengenakan blus lebar dengan lengan longgar, asesori kepala yang cerah, dan balutan rok panjang. Bayi sering dinaikkan di punggung ibu mereka dengan selendang kain. Di timur, pria memakai jubah pendek bergaya tunik, dan perempuan mengenakan balutan rok dan blus pas badan. Tetapi banyak orang juga memakai celana dan kemeja Barat.

Bentang Alam

Delta besar Sungai Niger dan wilayah pesisir lainnya di Nigeria dihiasi dengan rawa-rawa dan sungai. Membentang di utara dari pantai adalah hutan tropis yang mencakup sekitar sepertiga dari luas negara itu. Kawasan hutan barat daya adalah sumber produksi kakao Nigeria. Semakin ke utara, vegetasi menjadi semakin jarang. Di luar hutan adalah hamparan padang rumput atau savana. Gabah dan kapas ditanam di Dataran Tinggi Utara. Satu-satunya dataran tinggi adalah Dataran Tinggi Jos dan pegunungan rendah di timur. Di ketinggian 2.419 meter, Chappal Waddi adalah puncak tertinggi Nigeria, yang terletak di Nigeria tengah timur dekat perbatasan dengan Kamerun.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Nigeria terletak di Teluk Guinea, sebuah lengan dari Samudra Atlantik. Sungai-sungai utama adalah Sungai Niger dan Benue. Danau Chad, di Nigeria utara, pernah menjadi perairan yang besar. Tapi saat Nigeria utara menjadi semakin kering, ukuran danau ini mengalami penyusutan lebih dari 90 persen.

Iklim

Nigeria memiliki iklim tropis. Musim hujan memanjang dari Mei hingga Oktober. Jumlah curah hujan setiap tahun bervariasi, dari lebih dari 3.300 mm di sepanjang pantai hingga kurang dari 635 milimeter di sepanjang perbatasan utara. Wilayah selatan memiliki kelembaban yang tinggi di sebagian besar waktu dengan suhu 20-30 °C di sepanjang tahun. Bagian utara negara ini kurang lembab dibanding selatan. Tapi utara kadang-kadang bisa sangat panas. Pada bulan Desember dan Januari, harmattan menerjang dari gurun Sahara Afrika utara. Harmattan adalah angin kering yang membawa debu dan pasir.

Sumber Daya Alam

Sumber daya terbesar di negara itu sejauh ini adalah cadangan besar minyak berkualitas tinggi di Delta Niger dan lepas pantai. Cadangan bijih besi ditemukan di daerah di mana Sungai Niger dan Benue bertemu. Sejumlah besar timah dan kolumbit ditemukan di bagian tengah negara itu. Columbite adalah mineral yang digunakan dalam pembuatan beberapa jenis baja. Mineral penting lainnya meliputi batubara, timah, dan seng. Hutan tropis Nigeria merupakan sumber daya alam yang penting. Tanah di seluruh negeri cukup subur, tergantung pada curah hujan.

Ekonomi

Minyak mendominasi perekonomian Nigeria. Tambang berharga ini membentuk sekitar 95 persen dari pendapatan ekspor dan 80 persen dari total pendapatan. Pendapatan ini telah digunakan untuk mengembangkan manufaktur, jalan raya modern, listrik, dan lembaga pendidikan.

Jasa

Jasa membentuk segmen besar ekonomi Nigeria. Jutaan pria dan wanita Nigeria dipekerjakan oleh hotel, restoran, bank, dan sejenisnya. Layanan terkait pemerintah juga mempekerjakan banyak orang, meliputi pendidikan, sarana dan prasarana, serta layanan sipil.

Manufaktur

Kegiatan industri terkemuka Nigeria adalah produksi tekstil, semen dan bahan bangunan lainnya, produk makanan, alas kaki, bahan kimia, pupuk, percetakan, keramik, dan baja. Industri perikanan juga penting. Hutan Nigeria menyediakan kayu yang berharga.

Pertanian

Pertanian mempekerjakan hampir sepertiga dari tenaga kerja Nigeria. Tanaman pangan utama meliputi kakao, kacang tanah, minyak sawit, jagung, padi, sorgum, millet, singkong, dan ubi jalar. Kakao dan kelapa sawit adalah ekspor pertanian penting. Sapi dan hewan ternak lainnya diternak di utara.

Hasil pertanian telah meningkat. Tapi jumlah yang diperlukan untuk memberi makan penduduk Nigeria melebihi jumlah tanaman. Pemerintah telah mencoba untuk merangsang produksi pangan dengan mengajarkan teknik-teknik pertanian modern, mendorong penggunaan pupuk, dan membangun sistem irigasi. Tapi beberapa makanan, seperti gandum, harus diimpor.

Kota-kota Besar

Abuja, ibukota Nigeria, dibangun pada tahun 1991 khusus untuk menggantikan Lagos sebagai pusat pemerintahan negara. Lokasinya yang ada di tengah negara membuatnya dianggap lebih mewakili simbol persatuan nasional. Kota ini memiliki perkiraan populasi lebih dari 107.000 jiwa.

Lagos adalah kota terbesar dan pelabuhan utama Nigeria. Ada lebih dari 5 juta orang di daerah metropolitan tersebut. Lagos menempati bagian dari daratan dan beberapa pulau di Teluk Guinea. Sebagai kota kosmopolitan, Lagos penuh sesak dan sibuk. Gedung-gedung pencakar langit modernnya bersaing dengan bangunan yang lebih tradisional. Ibadan adalah kota terbesar kedua Nigeria dengan penduduk lebih dari 1,8 juta orang dan merupakan daerah pusat budaya dan perdagangan Yoruba. Kota ini adalah rumah bagi Universitas Ibadan.

Pemerintah

Konstitusi terbaru Nigeria diadopsi pada tahun 1999. Negara ini merupakan federasi dari pemerintah pusat dan 36 negara bagian, sebagian besar dibentuk menurut kelompok etnis. Setiap negara  bagian memiliki seorang gubernur dan legislatif dua rumah sendiri. Pemerintah federal dipimpin oleh seorang presiden, yang dipilih melalui pemilu. Legislatif federal adalah Majelis Nasional terdiri atas 360 anggota dewan perwakilan dan 109 anggota senat (tiga senator per negara bagian). Nigeria juga memiliki sistem peradilan dan komisi pemilu yang independen.

Komentar Anda