Profil Lengkap Negara Italia

Italia adalah sebuah negara di Eropa selatan yang terdiri terutama atas semenanjung sempit yang panjang, berbentuk kira-kira seperti sepatu boot. Semenanjung ini membentang dari pegunungan tinggi Alpen di utara sampai pantai Laut Mediterania di selatan. Italia menempati seluruh wilayah semenanjung, kecuali dua negara kecil independen, San Marino dan Vatikan.

Foto negara Italia

San Marino terletak di pegunungan Apennine dan merupakan salah satu republik terkecil dan tertua di dunia. Vatikan adalah pusat pemerintahan Gereja Katolik Roma yang terletak di dalam kota Roma, ibukota Italia. Wilayah Italia juga mencakup banyak pulau, dua yang terbesar adalah Sardinia dan Sisilia. Sardinia terletak di barat semenanjung, sedang Sisilia terletak tak jauh dari “kaki” “sepatu boot”.

Peta Negara Italia
Bentuk negara Italia menyerupai sepatu boot.

Daerah yang sekarang menjadi negara Italia telah memainkan peran sentral dalam sejarah peradaban Eropa. Selama sekitar 400 tahun, Italia adalah jantung Kekaisaran Romawi kuno. Kekaisaran ini runtuh di Barat di tahun 400-an Masehi. Kemudian semenanjung pecah menjadi banyak negara-kota yang saling bersaing.

Zaman Renaisans (Renaissance), kelahiran kembali kebudayaan yang terjadi di Eropa, dimulai di Italia pada awal 1300-an. Selama era ini, yang berlangsung sampai sekitar tahun 1600-an, seni dan sains lebih berkembang di kota-kota Italia utara daripada di tempat lain di Eropa. Namun secara politis, Italia tetap menjadi wilayah yang terpecah-pecah sampai tahun 1861. Pada saat itu, sebagian wilayah Italia masa kini bersatu di bawah satu bendera.

Penduduk

Sebelum kekaisaran Romawi kuno muncul, beberapa orang dari berbagai tempat telah menghuni semenanjung Italia. Orang Etruria tinggal di wilayah tengah barat. Mereka adalah kelompok yang paling maju secara budaya. Berbagai masyarakat Italia tinggal di bagian lain dari semenanjung. Orang Yunani menjajah Italia selatan dan Sisilia selama tahun 700-an dan 600-an SM.

Akhirnya, negara Romawi baru menyerap masyarakat ini. Orang-orang dari daerah lain didatangkan sebagai budak di seluruh kekaisaran yang berkembang. Setelah jatuhnya Romawi pada tahun 476, invasi dari utara membawa bangsa Jerman ke semenanjung. Mereka terutama adalah orang Ostrogoth dan Lombard. Orang Arab menginvasi Sisilia di tahun 700-an Masehi. Mereka diikuti oleh orang Normandia dan Spanyol, yang juga menguasai wilayah selatan. Dalam sejarah, imigran dari Afrika Utara dan Timur Tengah juga menambah keragaman etnis Italia.

Bahasa

Bahasa Italia adalah salah satu bahasa Romance. Bahasa-bahasa ini berasal dari bahasa Latin, bahasa Romawi. Bahasa Italia dituturkan oleh hampir semua penduduk. Tapi di banyak bagian Italia, orang-orang bangga melestarikan dialek daerah mereka yang berbeda-beda. Di sudut barat laut Italia, ada banyak penutur bahasa Perancis. Di wilayah utara Alto Adige (Tirol Selatan), banyak orang berbicara dalam bahasa Jerman.

Agama

Hampir semua orang Italia memeluk Katolik Roma. Vatican City (daerah kantong dalam Roma) adalah pusat dari Gereja Katolik Roma. Katolik Roma dijadikan agama resmi Italia pada tahun 1929 di bawah pakta Lateran dengan Vatikan. Status resmi ini berakhir pada tahun 1985. Pada saat itu, revisi pakta mendukung pemisahan gereja dengan negara. Sekelompok kecil pemeluk agama Protestan, Yahudi, dan Islam bersama-sama membentuk sekitar 2 persen dari populasi Italia.

Selama berabad-abad, upacara dan ritual Gereja Katolik Roma telah menjadi elemen penting dalam kehidupan orang-orang Italia. Kalender gereja diisi dengan berbagai liburan untuk menghormati orang-orang kudus dan merayakan festival besar tahun agama. Setiap kota dan desa memiliki santo pelindungnya sendiri, yang hari rayanya dirayakan dengan prosesi yang diiringi musik.

Di mana-mana, Italia dikelilingi oleh monumen-monumen keagamaan yang besar. Bangunan-bangunan ini meliputi katedral megah dan karya seni lainnya yang terinspirasi oleh pengabdian kepada gereja selama berabad-abad.

Pendidikan

Sekolah gratis dan diwajibkan oleh undang-undag bagi semua anak-anak Italia yang berusia 6 sampai 15 tahun. Kota-kota memiliki taman kanak-kanak dan sekolah penitipan anak kecil dan anak-anak yang orang tuanya sedang bekerja. Sekolah wajib meliputi lima tahun sekolah dasar diikuti tiga tahun sekolah menengah pertama. Setelah siswa mencapai tingkat sekolah menengah, ia bisa memilih untuk melanjutkan ke lembaga akademis atau meneruskan ke sekolah teknis atau kejuruan.

Lulusan sekolah menengah yang memenuhi syarat bisa masuk ke universitas. Dari sekian banyak universitas di Italia, yang tertua adalah Universitas Bologna, yang didirikan pada tahun 1088 dan dianggap universitas tertua di Eropa.

Perpustakaan dan Museum

Italia memiliki dua perpustakaan nasional. Salah satunya ada di Florence dan yang lainnya di Roma. Kedua kota ini juga memiliki ratusan bangunan bersejarah dan museum yang diisi dengan beberapa karya paling terkenal di dunia seni.

Makanan dan Minuman

Di Italia sarapan adalah makan sederhana. Hidangannya sering terdiri atas roti gulung keras, selai, dan campuran kopi dan susu panas yang disebut Caffelatte. Makanan utama disantap pada sore hari. Biasanya dimulai dengan pasta, sering disajikan dengan saus tomat, atau sup kental dan roti. Makanan utama kedua dapat terdiri atas daging atau ikan dengan sayuran masak. Minyak zaitun digunakan untuk salad dan, di selatan, untuk memasak. Makanan penutup biasanya berupa buah yang ada di musim itu. Tapi pada kesempatan khusus, kue dapat disajikan. Secangkir kecil kopi yang kuat (espresso) sering menutup acara makan.

Makanan agak lebih bervariasi di utara daripada di selatan. Orang-orang di utara lebih sering makan daging (terutama sapi) dan ayam. Mereka menggunakan lebih sedikit bawang putih dan biasanya lebih suka mentega dengan minyak zaitun untuk memasak.

Semua bentuk pasta populer dinikmati. Mie telur adalah favorit di Bologna, yang menawarkan beberapa masakan terbaik di Italia. Di Milan, risotto (hidangan nasi) sering lebih diminati daripada pasta. Di daerah pedesaan di wilayah Venetia, polenta adalah sajian favorit. Makanan ini dibuat dari tepung jagung.

Malam makan lebih ringan dari makan siang, sering dimulai dengan kaldu, bukan pasta. Banyak orang Italia menikmati anggur dengan makanan mereka. Pada hari Minggu di musim panas, banyak orang pergi mencari hidangan es krim yang disebut gelato.

Olahraga dan Rekreasi

Orang Italia adalah penggemar olahraga yang antusias. Banyak orang membanjiri stadion pada hari Minggu untuk menonton pertandingan sepak bola profesional. Popularitas basket juga semakin meningkat. Permainan boccie (bowling rumput) adalah favorit lain. Berkuda, anggar, renang, tenis, dan ski adalah olahraga lainnya di mana orang Italia unggul di dalamnya. Balap sepeda dan mobil juga cukup populer.

Bentang Alam

Italia berbatasan dengan Perancis di barat laut. Swiss dan Austria membentang di utara. Slovenia ada di timur laut. Italia adalah tanah pegunungan, dengan daerah dataran yang terbatas. Di utara, pegunungan besar Alpen berdiri seperti dinding benteng. Pegunungan Alpen mencakup gunung-gunung tertinggi di Eropa Barat, di antaranya adalah Mont Blanc (di Italia disebut Monte Bianco), Monte Rosa, dan Matterhorn (Monte Cervino), yang dibagi antara Italia, Perancis, dan Swiss. Monte Bianco de Courmayeur, puncak sekunder Mont Blanc, adalah titik tertinggi di seluruh Italia (4.748 meter).

Di selatan Alpen ada lembah Sungai Po. Lembah ini adalah dataran terbesar dan paling subur Italia. Jantung utaranya berisi kota-kota besar seperti Milan, Turin, Genoa, dan Bologna. Area yang lebih kecil dari dataran ini ada di Italia tengah. Wilayah ini mencakup kota-kota besar lainnya seperti Florence dan Roma.

Sebuah jaringan gunung yang disebut Apennine meluas seperti punggung di sepanjang semenanjung. Pegunungan ini dimulai di wilayah Liguria di barat laut dan membentang ke ujung “sepatu boot.” Apennine memotong “tumit” sepatu boot di barat daya. “Tumit” itu memiliki wilayah Apulia yang datar.

Kota pelabuhan besar Napoli mendominasi daratan Italia selatan. Dari sini, gunung berapi aktif Vesuvius dapat terlihat. Pulau-pulau terdekat Sardinia dan Sisilia bergunung-gunung. Sisilia memiliki gunung berapi aktif tertinggi di Eropa, Gunung Etna.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Garis pantai yang panjang dari semenanjung Italia disapu oleh beberapa lengan Laut Mediterania, yakni Laut Adriatik dan Laut Ionia di timur serta Laut Tyrrhenian dan Laut Liguria di barat.

Sungai Po adalah sungai terpanjang dan terpenting di Italia. Panjangnya sekitar 652 kilometer. Sungai Po bermula di Pegunungan Alpen barat di wilayah Piedmont, melintasi dataran utara ke timur, dan bermuara di Laut Adriatik. Sungai Arno di Italia tengah mengalir ke barat melalui kota Florence sebelum mengosongkan diri ke Laut Liguria. Sungai Tiber mengalir di arah barat daya melalui Roma dan bermuara di Laut Tyrrhenian. Italia Utara memiliki danau spektakuler yang indah seperti Maggiore, Como, dan Garda. Daerah resor ini adalah tujuan wisata populer.

Iklim

Italia memiliki iklim yang umumnya moderat. Lembah Sungai Po memiliki musim panas yang hangat dan basah. Musim dingin cukup dingin, dengan salju sesekali turun dan curah hujan yang cukup. Di selatan dan di pulau-pulau, musim dinginnya sejuk dan hujan. Musim panasnya cukup panas dan kering. Daerah pegunungan di daratan utama memiliki cuaca musim dingin yang keras. Wilayah selatan sering diterpa gempa bumi parah.

Sumber Daya Alam

Tanah Lembah Po yang kaya membentuk wilayah pertanian negara yang paling penting. Laut di sekitar semenanjung Italia memiliki berbagai ikan yang melimpah. Tapi Italia memiliki sumber daya alam yang terbatas. Batubara diperoleh dari Sardinia. Minyak bumi dalam jumlah biasa ditemukan di Lembah Po, Sisilia, dan daerah lainnya. Sejumlah besar gas alam juga ditemukan. Tapi Italia harus mengimpor bahan bakar untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan industrinya. Sekitar 20 persen listrik Italia diperoleh dari pembangkit listrik tenaga air yang terletak terutama di Pegunungan Alpen dan Apennine.

Ekonomi

Pada tahun 1951, Italia menjadi salah satu anggota pendiri Masyarakat Eropa. Persatuan ekonomi dari negara-negara Eropa Barat ini sekarang dikenal sebagai Uni Eropa (UE). Dimulai pada akhir 1950-an, “keajaiban” ekonomi mengubah Italia, sebagian berkat bantuan dari Amerika Serikat.

Pada tahun 1970-an, Italia telah menjadi satu dari tujuh negara industri non-komunis terkemuka dunia. Pada awal 1990-an, produk nasional bruto (total nilai barang dan jasa) Italia bersaing dengan Inggris.

Jasa

Industri jasa Italia mempekerjakan hampir dua pertiga dari tenaga kerjanya. Pekerja jasa berkisar dari bankir dan broker real estate hingga guru dan pejabat pemerintah. Segmen terbesar terdiri atas bisnis seperti hotel dan restoran, yang mendukung pariwisata. Pariwisata adalah industri tunggal Italia yang paling penting.

Manufaktur

Hampir sepertiga dari tenaga kerja Italia bekerja di industri. Industri utama memproduksi mesin, baja, bahan kimia, makanan olahan, tekstil, kendaraan bermotor, pakaian, alas kaki, dan keramik. Kebanyakan manufaktur terkonsentrasi di utara, terutama di sekitar Turin, Milan, dan Genoa.

Pertanian

Kurang dari 30 persen lahan Italia digunakan untuk pertanian. Kebanyakan pertaniannya kecil dan dimiliki secara individual. Tanaman utama adalah buah-buahan dan sayuran, terutama tomat, zaitun, dan anggur. Italia adalah salah satu produsen anggur terkemuka di dunia. Kebun anggur melingkupi banyak bukit negara. Kentang, bit gula, kedelai, dan gandum dan biji-bijian lainnya tumbuh. Sapi dipelihara untuk diambil daging dan susunya, terutama di utara.

Perdagangan Luar Negeri

Mitra dagang terkemuka Italia adalah Jerman, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Belanda, dan Belgia. Barang-barang impor meliputi produk rekayasa, bahan kimia, peralatan transportasi, bahan bakar, dan mineral. Ekspor utama meliputi tekstil dan pakaian, mesin, kendaraan bermotor, bahan kimia, serta makanan dan minuman.

Transportasi

Italia memiliki sekitar 19,500 kilometer jalur kereta api. Kereta api berkecepatan tinggi menghubungkan Roma dan Milan dengan kota-kota besar Eropa lainnya. Negara ini juga memiliki sekitar 773.000 kilometer jalan raya. Sebuah jaringan jalan bebas hambatan yang disebut autostrade membentang di sepanjang negara.

Italia memiliki lebih dari selusin pelabuhan besar dan pelabuhan kecil. Genoa, Trieste, dan Augusta adalah beberapa yang terbesar. Negara ini memiliki tujuh bandara internasional. Yang tersibuk adalah Leonardo da Vinci Airport di Fiumicino Roma. Maskapai penerbangan nasional adalah Alitalia.

Komunikasi

Lebih dari 350 stasiun televisi dan 4.700 stasiun radio dipancarkan di seluruh Italia. Dari 80 juta telepon yang terdaftar, dua pertiganya adalah telepon seluler. Italia memiliki 30 juta pengguna internet. Lebih dari selusin surat kabar harian beredar. Corriere della Sera, yang diterbitkan di Milan, dan La Repubblica, yang diterbitkan di Roma, memiliki jangkauan pembaca terluas.

Kota-kota Besar

Hampir tiga perempat dari populasi Italia tinggal di kota-kota besar atau kecil, terutama di utara. Italia selatan dan pulau-pulau selatan umumnya memiliki suasana yang lebih pedesaan. Tapi ada juga beberapa kota besar di selatan, yakni Napoli dan Bari di daratan utama dan Palermo di pulau Sisilia.

Roma adalah ibu kota dan kota terbesar di Italia. Kota ini ada di Sungai Tiber di Italia tengah, sekitar 26 kilometer dari pantai Laut Tyrrhenian. Roma memiliki populasi sekitar 2,6 juta (tidak termasuk Vatikan). Kota ini adalah ibukota wilayah Lazio. Dahulu Roma adalah pusat peradaban barat dan kini masih dihiasi oleh banyak kegemerlapan arsitektur dari masa lalu.

Milan, kota terbesar kedua di Italia, adalah ibukota wilayah Lombardia. Kota ini adalah jantung komersial dan keuangan Italia utara. Milan memiliki populasi sekitar 1,3 juta jiwa. Sebagai pusat industri utama, Milan memproduksi tekstil, bahan kimia, dan kendaraan bermotor. Kota ini juga merupakan pusat fashion dunia. Objek wisata di Milan yang populer adalah rumah opera La Scala. Katedral Milan adalah contoh arsitektur rumit Gothic.

Napoli, kota terbesar ketiga di negara itu, adalah ibu kota wilayah Campania. Berfungsi sebagai pelabuhan utama, Napoli terletak di Teluk Napoli yang indah di Italia tengah selatan. Napoli didirikan pada tahun 600-an SM oleh kolonis Yunani. Mereka menyebutnya Neapolis (“kota baru”).

Florence, ibukota wilayah Tuscany, terletak di Sungai Arno di Italia tengah utara. Banyak bangunannya yang terkenal berasal dari periode Renaisans. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Palazzo della Signoria (balai kota), galeri seni Uffizi dan Pitti, dan Katedral Florence.

Genoa terletak di Teluk Genoa. Kota ini adalah pelabuhan utama Italia dan ibukota wilayah Liguria. Genoa mencapai puncak kekuasaan dan kemakmuran sebagai negara-kota merdeka di tahun 1200-an. Pada waktu itu, Genoa menguasai kerajaan besar yang membentang dari Mediterania ke Laut Hitam.

Venesia dikenal karena kanal dan istana tua besar yang ada di sana. Venesia adalah salah satu kota paling indah dan unik di dunia. Kota ini adalah ibukota wilayah Veneto di Italia. Dibangun di laguna, Venesia terletak pada jalur sekitar seratusan pulau kecil yang dihubungkan oleh banyak jembatan. Dari Abad Pertengahan hingga awal zaman modern, Venesia adalah negara-kota komersial kaya yang mendominasi perdagangan dengan Timur.

Turin, kota utama di wilayah Piedmont, terletak di tepi kiri Sungai Po. Sebagai kota industri, Turin adalah tempat asal raksasa mobil Fiat. Turin adalah ibukota mantan Kerajaan Sardinia. Penguasa Sardinia, House of Savoy, kemudian menjabat sebagai raja Italia bersatu.

Warisan Budaya

Italia pernah menjadi pusat peradaban Barat. Negeri ini telah memberikan banyak kontribusi budaya abadi pada seni, bahasa, dan ilmu pengetahuan Barat.

Seni

Pengaruh Italia pada arsitektur, lukisan, dan patung tak tertandingi. Selama Abad Pertengahan dan Renaisans, seniman Italia mendominasi dunia seni. Di antara para seniman Italia yang sangat berbakat adalah Giotto, Leonardo da Vinci, Michelangelo, Titian, Botticelli, dan Raphael. Italia juga telah memberikan kontribusi untuk seni modern. Pameran karya seniman kontemporer diadakan secara berkala.

Sastra

Orang Italia telah menciptakan karya-karya sastra besar. Di awal Abad Renaisans, bahasa Italia modern dibentuk dari dialek Tuscan lokal oleh tiga penulis brilian di Florence. Dante Alighieri menulis Divine Comedy, salah satu karya puitis dunia. Francesco Petrarch adalah seorang penulis soneta. Dan Giovanni Boccaccio menulis Decameron, koleksi cerita lucu. Di zaman modern, dramawan Luigi Pirandello menjadi orang Italia pertama yang memenangkan Hadiah Nobel di bidang sastra pada tahun 1934. Salvatore Quasimodo menerima Hadiah Nobel pada tahun 1959 atas puisi-puisinya.

Musik

Italia disebut-sebut sebagai tempat kelahiran musik. Beberapa musik gereja terbesar ditulis di sana selama Abad Pertengahan dan Renaisans. Opera pertama berdiri di Italia pada tahun 1600-an. Hari ini, setiap kota besar memiliki gedung opera sendiri. Yang paling terkenal adalah La Scala di Milan dan San Carlo di Napoli. Kebanyakan orang Italia hafal melodi dan arias opera favorit dari komposer seperti Giuseppe Verdi dan Giacomo Puccini.

Ilmu Pengetahuan

Italia telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan. Ilmuwan Italia yang paling terkenal, Galileo Galilei, tinggal dan bekerja selama akhir Renaisans. Ia menemukan hukum yang mengatur gerakan pendulum dan kecepatan benda yang jatuh. Dia juga yang pertama menggunakan teleskop secara efektif. Galileo menemukan cincin planet Saturnus dan bulan-bulan Jupiter. Dia adalah salah satu ilmuwan pertama yang memahami bahwa matahari adalah pusat dari perputaran semua planet, bukan bumi.

Di zaman modern, Italia telah melahirkan dua fisikawan besar. Guglielmo Marconi, penemu radio, penerima Hadiah Nobel di bidang fisika pada 1909, dan Enrico Fermi, penerima Hadiah Nobel pada tahun 1938 atas karyanya dalam fisika nuklir, yang memulai Zaman Atom.

Pemerintah

Italia telah menjadi republik sejak tahun 1946, ketika monarki dihapuskan. Konstitusi ini mulai berlaku pada tahun 1948. Negara ini dibagi menjadi dua puluh daerah politik, yang dibagi lagi menjadi provinsi.

Dewan legislatif Italia disebut parlemen (Parlamento), yang terdiri atas dua rumah, Senat (Senato della Repubblica) dan Kamar Deputi (Camera dei Deputati). Anggotanya semua dipilih untuk masa jabatan 5 tahun. Sekitar setengah lusin partai politik besar dan beberapa partai yang lebih kecil memiliki perwakilan di parlemen. Setiap kali pemerintah gagal memimpin mayoritas atau koalisi mayoritas, mereka harus mengundurkan diri dan penggantinya harus dibentuk.

Parlemen memilih presiden republik. Presiden berfungsi sebagai kepala negara untuk masa jabatan 7 tahun. Mantan presiden kemudian menjadi senator seumur hidup. Tapi kekuasaan eksekutif dipegang oleh Dewan Menteri, atau kabinet. Institusi ini dipimpin oleh seorang perdana menteri, yang dikenal sebagai presiden Dewan Menteri. Perdana menteri ditunjuk oleh presiden dan disetujui oleh parlemen. Anggota Dewan diusulkan oleh perdana menteri dan disetujui oleh presiden.

Komentar Anda