Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 27 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 27 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1979: Lord Mountbatten, salah satu pahlawan perang besar Inggris dan raja muda terakhir India, dibunuh oleh Tentara Republik Irlandia.

1975: Haile Selassie, yang telah memerintah Ethiopia sebagai kaisar dari tahun 1930 sampai penggulingannya di tahun 1974, meninggal dunia dalam tahanan rumah, kemungkinan dibunuh oleh rezim Mengistu Haile Mariam.

1962: Mariner 2 diluncurkan menuju Venus; ini adalah pesawat antariksa pertama yang mengunjungi planet itu.

1928: Pakta Kellogg-Briand, kesepakatan untuk meninggalkan perang sebagai instrumen kebijakan nasional, ditandatangani di Paris oleh 15 negara; kemudian, hampir setiap negara di dunia bergabung dengan pakta itu, yang saat itu dielu-elukan sebagai langkah penting menuju perdamaian dunia.

1916: Dalam Perang Dunia I, Rumania menyatakan perang terhadap Jerman dan Austria.

1883: Planet bumi mengalami ledakan terbesar dalam catatan sejarah pada saat Krakatau, gunung berapi di Indonesia, meledak beberapa kali berturut-turut.

1859: Ladang minyak Edwin L. Drake di Titusville, Pennsylvania, sekarang dikenal sebagai “Folly Drake,” mulai memproduksi 25 barel minyak mentah per hari; itu adalah ladang minyak pertama yang sukses di Amerika Serikat.

Komentar Anda