Profil Lengkap Negara Portugal

Portugal adalah negara di tepi barat daya Eropa yang terletak di Semenanjung Iberia, langsung menghadap Samudera Atlantik. Di tahun 1400-an dan 1500-an, navigator Portugal berlayar dari lokasi ini. Mereka pergi untuk memetakan pantai Afrika, Asia, dan Amerika Selatan dan membuka rute perdagangan baru dengan benua ini. Penemuan para penjelajah pemberani ini membantu membuat Portugal menjadi pusat kerajaan besar dan kaya, jauh lebih besar dari negara itu sendiri. Daerah besar bekas kerajaan itu tetap berada di bawah kekuasaan Portugal sampai saat ini.

Foto trem di kota Lisbon

Penduduk

Orang Portugal adalah campuran dari banyak bangsa berbeda yang menduduki Semenanjung Iberia. Bangsa-bangsa itu antara lain Iberia kuno, Celtic, Fenisia, Yunani, Carthage, Roma, suku-suku Jermanik, dan Moor dari Afrika Utara. Dari segi penampilan, sebagian orang Portugal saat ini tinggi sedang dengan rambut dan mata gelap. Beberapa di antaranya, khususnya di utara, memiliki rambut pirang dan mata biru warisan nenek moyang Jerman mereka.

Bahasa dan Agama

Bahasa Portugal dan Mirandese adalah bahasa resmi Portugal. Bahasa Portugal termasuk ke dalam kelompok bahasa Romance, seperti halnya bahasa Spanyol, Italia, dan Perancis. Bahasa ini erat kaitannya dengan dialek Galician utara Spanyol. Mirandese adalah bahasa Romance yang diucapkan di bagian timur laut Portugal. Dalam hal agama, orang Portugal sebagian besar memeluk Katolik Roma.

Pendidikan

Undang-undang mewajibkan pendidikan dasar sembilan tahun untuk anak-anak yang berusia antara 6 dan 15 tahun. Sekolah menengah, yang tidak diwajibkan oleh undang-undang, berlangsung selama tiga tahun. Di tahun terakhir, siswa mengambil kursus untuk mempersiapkan diri memasuki universitas atau pelatihan kejuruan. Universitas tertua Portugal, University of Coimbra, didirikan pada tahun 1290.

Cara Hidup

Beberapa aspek kehidupan Portugal bervariasi dari daerah ke daerah. Tapi ada banyak kesamaan di seluruh negeri. Portugal memiliki sejumlah kota yang cukup besar dan tumbuh dengan cepat. Namun, sebagian besar orang tinggal di daerah pedesaan atau kota-kota kecil dan desa. Di sana, kehidupan biasanya mengikuti pola yang cair. Kebanyakan orang Portugal di pedesaan adalah petani. Lainnya mencari nafkah dengan mencari ikan.

Di banyak kota kecil dan desa, momen terbaik di setiap tahun adalah festival keagamaan dan ziarah. Sepakbola adalah olahraga favorit. Di kota-kota besar, adu banteng juga merupakan daya tarik utama. Tapi di Portugal, seperti Spanyol, banteng tidak dibunuh. Menari dan menyanyikan lagu rakyat adalah hiburan populer. Fado adalah jenis lagu tradisional Portugal. Melodinya yang sedih dan ‘menghantui’ sering terdengar di kafe-kafe.

Bentang Alam

Portugal terdiri atas Meseta, pegunungan pedalaman Portugal, dan dataran pantai di barat yang melebar dari utara ke selatan.

Sungai-sungai

Portugal berbagi Semenanjung Iberia dengan tetangganya yang jauh lebih besar, Spanyol. Beberapa sungai besar bermula di dataran tinggi Spanyol dan mengalir ke arah barat melalui Portugal hingga ke laut. Sungai terbesar dan terpenting adalah Douro, di utara, dan sungai Tagus. Sungai Tagus mengalir diagonal membelah wilayah tengah negara.

Sungai Tagus membagi Portugal menjadi dua bagian yang sangat berbeda. Di sebelah utara negara ini adalah pegunungan. Pegunungan utama adalah Serra da Estrela. Puncak tertingginya, Malhão da Estrela, mencapai ketinggian 1.991 meter. Di selatan sungai ini datarannya terdiri terutama atas hamparan dataran dan dataran tinggi. Sebagian besar orang tinggal di wilayah utara Tagus. Wilayah pesisir dan lembah Sungai Douro adalah daerah yang paling padat penduduknya.

Iklim

Portugal utara memiliki iklim yang umumnya lebih dingin dari selatan, dengan curah hujan lebih besar. Sekitar 1.500 mm hujan turun di pegunungan utara setiap tahun. Hal ini kontras dengan sekitar 500 milimeter hujan yang turun di selatan. Suhu ringan di sebagian besar wilayah Portugal selama musim dingin. Pengecualian adalah di pegunungan pedalaman utara, di mana suhu dingin dan bersalju. Musim panas terasa hangat di lembah utara dan distrik pesisir, dan panas di dataran kering selatan.

Sumber Daya Alam

Portugal memiliki keterbatasan sumber daya alam. Tanahnya kebanyakan tidak subur, kecuali di lembah-lembah sungai yang lebih besar. Sebagian besar tanah hanya cocok untuk merumput hewan ternak. Hutan menutupi hampir sepertiga dari wilayah Portugal. Dari berbagai varietas pohon yang ditemukan, cork ek adalah yang paling berharga. Bijih besi, tembaga, seng, timah, dan wolframite (sumber tungsten) adalah mineral yang paling penting. Perairan pesisir kaya akan berbagai ikan. Sungai-sungai deras dari utara merupakan sumber penting bagi pembangkit listrik tenaga air.

Madeira dan Azores

Madeira dan Azores merupakan daerah pemerintahan sendiri dari Portugal. Masing-masing memiliki badan legislatif terpilih sendiri. Kepulauan Madeira mencakup lahan seluas sekitar 790 kilometer persegi. Wilayah ini terletak di Samudra Atlantik di lepas pantai barat laut Afrika. Madeira adalah pulau terbesar dari kelompok ini. Madeira juga merupakan sebuah resor populer yang terkenal karena tanaman semi tropik yang subur dan iklimnya yang nyaman. Produknya yang paling terkenal adalah anggur Madeira.

Azores adalah rantai sembilan pulau kecil di Samudera Atlantik. Letaknya sekitar 1.600 kilometer di barat Lisbon, ibukota Portugal. Areanya mencakup luas sekitar 2.305 kilometer persegi. Selama berabad-abad, pulau-pulau ini berfungsi sebagai tempat perhentian kapal dan pesawat terbang yang menyeberangi Atlantik. Pertanian dan perikanan adalah kegiatan ekonomi yang paling penting.

Ekonomi

Pertanian dan perikanan telah lama menjadi andalan ekonomi Portugal. Portugal lalu bergabung dengan Komunitas Eropa (sekarang Uni Eropa) pada tahun 1986 dan ini membantu ekonominya menjadi lebih modern dan beragam. Pertanian, perikanan, dan kehutanan sekarang mempekerjakan hanya sekitar 10 persen dari angkatan kerja nasional. Manufaktur, pertambangan, dan konstruksi mempekerjakan sekitar 30 persen.

Jasa

Lebih dari 60 persen pekerja Portugal aktif dalam industri jasa, seperti pariwisata. Wisata secara tradisional menjadi sumber pendapatan penting.

Manufaktur

Tekstil dan alas kaki adalah komoditas utama yang diproduksi. Barang-barang manufaktur lainnya meliputi hasil hutan (bubur kayu, kertas, gabus), penyulingan minyak, bahan kimia, ikan kalengan, dan anggur. Lisbon dan Porto adalah kota manufaktur besar.

Pertanian

Pertanian mempekerjakan sejumlah kecil pekerja Portugal, tapi tetap menjadi kegiatan ekonomi yang vital. Gandum ditanam secara luas pada perkebunan besar di dataran selatan yang lebih kering. Padi tumbuh subur di dataran rendah utara yang lembab. Anggur, jagung, zaitun, kentang, dan tomat adalah tanaman utama lainnya. Ternak utama adalah sapi, merumput terutama di utara, dan domba, babi, dan kambing, diternak terutama di selatan.

Perikanan dan Kehutanan

Perairan lepas pantai Portugal merupakan sumber sarden, salah satu ekspor utama. Kapal ikan yang besar melakukan perjalanan ke Grand Banks di Newfoundland untuk menangkap cod dan ikan lainnya. Hutan Portugal memproduksi sekitar setengah pasokan gabus dunia. Hasil hutan lainnya meliputi resin dan terpentin, yang juga merupakan ekspor penting. Kertas, pulp kayu, dan kayu juga diproduksi.

Pertambangan

Portugal memiliki sumber daya mineral, namun beberapa darinya sulit untuk ditambang. Yang paling penting adalah tambang wolframite, besi, tembaga.

Energi

Portugal tergantung pada impor minyak bumi dan gas alam untuk memasok sebagian besar listriknya. Bagian lain datang dari tenaga air. Negara ini memiliki jaringan bendungan yang menghasilkan listrik serta menyediakan air untuk irigasi. Yang paling terkenal dari bendungan ini Castelo do Bode, Belver, dan Idanha di Sungai Tagus dan anak-anak sungainya.

Perdagangan

Mitra dagang Portugal terutama adalah anggota-anggota Uni Eropa lain. Impor utamanya adalah mesin dan peralatan transportasi, bahan kimia, minyak bumi, tekstil, dan produk pertanian. Portugal mengekspor pakaian dan alas kaki, mesin, bahan kimia, gabus dan produk kertas, serta kulit.

Transportasi

Portugal memiliki beberapa jalur kereta api dan bandara internasional di kota-kota Lisbon, Porto, dan Faro. Pelabuhan utama adalah Lisbon, Setúbal, dan Leixões (pelabuhan Porto).

Komunikasi

Portugal memiliki sistem telepon modern dengan kemampuan broadband dan kecepatan tinggi. Negara ini memiliki banyak stasiun radio dan televisi serta lebih dari 5 juta pengguna internet.

Kota-kota Besar

Lisbon adalah ibukota Portugal. Lisbon juga menjadi kota terbesar, pelabuhan utama, dan pusat komersial Portigal. Kota ini dibangun di atas serangkaian bukit yang naik dari Sungai Tagus, di dekat tempat mengalirnya sungai ini ke Samudera Atlantik.

Porto (atau Oporto) adalah kota terbesar kedua Portugal. Seperti Lisbon, Porto adalah kota perbukitan yang terletak di bagian utara negara itu, di Sungai Douro. Kota ini menempati situs sebuah pelabuhan kuno yang dikenal sebagai Portus Cale, yang membentuk nama Portugal. Ekspor yang paling terkenal adalah anggur pelabuhan, tetapi juga memproduksi tekstil dan pakaian.

Braga, Coimbra, dan Setúbal adalah kota-kota lain yang juga penting. Braga adalah kota paling utara dari kota-kota besar Portugal. Kota ini adalah pusat agama yang bersejarah. Coimbra terkenal dengan universitas kunonya. Setúbal terletak di selatan Lisbon. Kota ini adalah pelabuhan perikanan serta pusat pembuatan kapal.

Pemerintah

Portugal adalah sebuah republik yang diatur dalam konstitusi yang diadopsi pada tahun 1976 dan direvisi beberapa kali sejak itu. Kepala negara adalah presiden, dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Presiden menunjuk perdana menteri untuk memimpin pemerintah. Legislatif adalah Majelis Republik. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Di samping itu ada sebuah badan penasehat, Dewan Negara, yang dipimpin oleh presiden. Peradilan Portugal terdiri atas Mahkamah Agung, yang hakimnya diangkat seumur hidup, dan berbagai pengadilan lainnya.

Komentar Anda