Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 26 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 26 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2003: Komisi Investigasi Kecelakaan Columbia mengeluarkan laporannya atas hilangnya Space Shuttle Columbia awal tahun itu; komisi itu mengecam keras “budaya keselamatan yang dilanggar” di NASA saat menyimpulkan bahwa penyebab fisik bencana itu adalah sepotong foam insulation yang terputus dan membuat lubang di sayap pesawat ruang angkasa.

1992: Pasukan koalisi menetapkan zona larangan terbang di Irak selatan.

1978: John Paul I terpilih menjadi paus; pemerintahannya berakhir dengan kematiannya 34 hari kemudian.

1940: Selama Perang Dunia II, Félix Éboué, gubernur Chad, menyatakan kesetiaannya kepada pemerintah Perancis Bebas di bawah Charles de Gaulle; seluruh Afrika Prancis Khatulistiwa mengikuti, memberikan Prancis Bebas basis teritorial.

1914: Selama Perang Dunia I, Pertempuran Tannenberg dimulai saat Jerman, dibantu oleh sadapan pesan radio Rusia, menyerang Grup Tentara Northwest Rusia dari utara, timur, dan barat; mereka menyelesaikan pengepungan pada 29 Agustus, dan sekitar 125.000 tentara Rusia tewas, terluka, atau ditawan.

1847: Liberia memproklamasikan kemerdekaannya, menjadi republik kulit hitam pertama di Afrika.

1789: Selama Revolusi Perancis, Majelis Nasional merumuskan Deklarasi Hak Asasi Manusia; artikel pertama berbunyi, “Manusia lahir bebas dan tetap bebas serta memiliki hak yang sama.”

1346: Inggris mengalahkan Perancis dalam Pertempuran Crécy selama Perang Seratus Tahun.

Komentar Anda